Advertisement

CEK FAKTA: Benarkah Gereja Sepi karena Umatnya Bertobat dan Masuk Islam?

Newswire
Jum'at, 28 Agustus 2020 - 17:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
CEK FAKTA: Benarkah Gereja Sepi karena Umatnya Bertobat dan Masuk Islam? Foto hoaks gereja sepi dan hanya tinggal pakaian karena umat bertobat dan pindah Islam. - turnbackhoax.id

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Sebuah akun Facebook bernama Sapra Nipil Khairi mengunggah sebuah foto dengan narasi sebagai berikut:

“Alhamdulillah gereja semakin sepi yg tinggal cuma pakaian, org nya udh bertobat masuk islam terima yesus dan muhammad sbg nabi dan utusan allah”. 

Advertisement

Dalam foto tersebut menggambarkan deretan kursi yang ada di dalam sebuah gedung yang dianggapnya sebagai sebuah gedung gereja. Masing-masing kursi dipasang pakaian, seolah-olah ingin menyampaikan bahwa si pemilik pakaian tersebut pergi.

Dilansir dari turnbackhoax.id, klaim foto yang diunggah seumber klaim adalah gereja yang semakin sepi dan tinggal pakaian karena orang-orangnya pindah ke agama Islam adalah klaim yang salah.

Baca Juga: CEK FAKTA: Beredar Video Pegowes Meninggal di Banguntapan, Ini Faktanya

Faktanya, foto itu adalah foto karya seni instalasi yang tidak ada hubungannya dengan perpindahan agama. Penciptanya adalah kelompok seniman Kuba Los Carpinteros dan dipamerkan di Art Basel 2012, Swiss.

Dikutip dari situs fubiz.net yang mengunggah foto yang sama pada 10 Mei 2016, Los Carpinteros merancang instalasi mengesankan berjudul 150 Orang, di sebuah gereja. Instalasi tersebut menunjukkan 150 kursi di mana duduk orang tak terlihat, dalam pakaian mengambang. Refleksi lucu tentang agama dan masyarakat, didekati dari sudut pandang artistik.

Video tentang seni instalasi tersebut pernah diunggah kanal YouTube milik VernissageTV pada 18 Juni 2012. Karya itu ditampilkan dalam Art Parcours, sebuah proyek kesenian Basel, Swiss, yang mengundang pengunjung untuk menjelajahi kota melalui kesenian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : turnbackhoax.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Berikut Rangkaian Program Pilihan Keluarga Indonesia Paling di Hati, Hanya di MNCTV

Hiburan
| Selasa, 23 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement