Advertisement

CEK FAKTA: Beredar Foto Penemuan Situs Peninggalan Prasejarah di Masa Firaun. Ini Faktanya...

Newswire
Senin, 14 September 2020 - 18:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
CEK FAKTA: Beredar Foto Penemuan Situs Peninggalan Prasejarah di Masa Firaun. Ini Faktanya... Hoax foto penemuan situs peninggalan prasejarah di masa Firaun. - turnbackhoax.id

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Sebuah postingan dari akun Facebook Musonep Sonep menunjukkan adanya foto berisikan narasi bahwa telah ditemukan situs peninggalan prasejarah dimasa Raja Firaun. 

Dilansir dari turnbackhoax.id, setelah melakukan reverse search dari gambar yang digunakan menuju kesebuah artikel berita kumparan.com berjudul “Ironi Kuburan Ratusan Bus Transjakarta” yang dipublikasikan pada 7 September 2019. Pada artikel tersebut dijelaskan sekitar 400 bus TransJakarta dengan kondisi tidak terawat di sebuah lahan kosong di dekat Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Advertisement

Pengadaan bus TransJakarta yang sempat bermasalah dikarenakan adanya masalah korupsi pengadaan bus oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta pada tahun 2013 sedangkan pemerintahan provinsi DKI Jakarta sudah membayar uang muka sebesar kurang lebih 110 miliar rupiah. Pada masa kepemimpinan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta menagih uang muka yang telah dibayarkan kepada perusahaan penyedia bus TransJakarta yaitu PT INKA (Industri Kereta Api).

BPK merekomendasikan uang muka tersebut dikembalikan kepada Pemprov DKI Jakarta karena perjanjian pengadaan dengan penyedia bus telah dinyatakan batal secara hokum.

Melihat dari penjelasan tersebut, foto “Telah ditemukan situs peninggalan PRASEJARAH dimasa Raja Firaun” adalah tidak benar dan termasuk dalam Satire/Parodi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : turnbackhoax.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Libur Lebaran Usai, Berikut Jadwal dan Tarif Terbaru Bus Damri dari Jogja ke Bandara YIA

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Film Korea Selatan Terbaru, Jo Jung Suk Tampil sebagai Pilot Cantik

Hiburan
| Rabu, 17 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement