Advertisement

CEK FAKTA: Anies Terima 3 Penghargaan dari KPK tapi Tak Diberitakan Media, Benarkah?

Newswire
Rabu, 30 September 2020 - 18:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
CEK FAKTA: Anies Terima 3 Penghargaan dari KPK tapi Tak Diberitakan Media, Benarkah? Hoaks Anies Baswedan terima tiga penghargaan dari KPK tapi tidak diliput media massa. - turnbackhoax.id

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -  Sebuah akun Facebook @DjunaidiNawawiArifin mengunggah tangkapan layar berisi klaim narasi bahwa tidak ada satu pun media yang memberitakan Pemprov DKI Jakarta meraih tiga penghargaan dari KPK. Unggahan tersebut telah dibagikan sebanyak tiga kali dan mendapat 56 tanggapan dari pengguna Facebook lainnya.

Berikut isi narasi tersebut: 

Advertisement

Berhubung Indonesia Tdk Punya TV karna tdk ada yg menayangkan, mari kita viralkan di medsos : Anies Raih 3 penghargaan dari KPK atas kinerja pemberantasan korupsi di Jakarta….Alhamdullilah

Baca Juga: KUA PPAS Kulonprogo 2021 Disepakati, APBD Bakal Fokus Recovery Ekonomi Pascapandemi

Coba melakukan penelurusan berdasar dengan kata kunci “Anies Raih 3 penghargaan dari KPK”, diketahui bahwa klaim @DjunaidiNawawiArifin tidak sesuai fakta. Informasi terkait Pemprov DKI Jakarta meraih tiga penghargaan dari KPK marak diberitakan oleh media, dengan beberapa di antaranya adalah kompas.com, tvOne, detik.com, dan republika.co.id.

Pada lamannya, kompas.com menuliskan pemberitaan terkait tiga penghargaan yang diraih Pemprov DKI dengan judul “Pemrpov DKI Jakarta Raih 3 Penghargaan dari KPK” pada 10 Desember 2018, sementara pemberitaan serupa juga diterbitkan oleh republika.co.id dengan judul “DKI Raih 3 Penghargaan Antikorupsi, Ini Kata Anies” pada 6 Desember 2018.

Jika mengacu pada seluruh referensi, klaim akun @DjunaidiNawawiArifin adalah tidak berdasar dan tidak sesuai fakta. Unggahan tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : turnbackhoax.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi dan Harga Tiket Museum Dirgantara Jogja, Cek di Sini

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement