Advertisement

CEK FAKTA: Benarkah Makan Ikan Bikin Cantik dan Panjang Umur?

Fatkhul Maskur
Sabtu, 21 November 2020 - 18:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
CEK FAKTA: Benarkah Makan Ikan Bikin Cantik dan Panjang Umur? Penjual menyusun dagangan ikan di Pasar Palima Palembang, Sumsel, Sabtu (3/10/2020). - ANTARA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Mengonsumsi ikan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Bukan hanya menyehatkan, konsumsi ikan juga bermanfaat untuk merawat kecantikan.

Selain sebagai sumber pangan, sumber daya perikanan kini digunakan sebagai bahan baku industri bioteknologi perairan.

Advertisement

Praktisi Estetik, Anti Aging Medicine serta Seksolog dr. Haekal Anshari, mengungkapkan semua jenis ikan, baik ikan air tawar maupun ikan air laut memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Nutrisi tersebut di antaranya protein yang bisa menjaga elastisitas kulit wajah, kemudian omega 3 bisa menjadi tabir surya bagi kulit.

"Karena mampu menjadi pelindung sinar ultraviolet (UV) A dan B matahari serta menguatkan lapisan kulit,” ujar Haekal seperti dikutip dalam keterangan pers Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Sabtu (21/11/2020).

Bertindak sebagai salah satu pemateri dalam webinar bertajuk Rutin Makan Ikan, Cantik dan Panjang Umur, Haekal mengungkapkan bahwa vitamin A yang terkandung pada ikan itu membantu meregenerasi kulit, mengecilkan pori-pori kulit dan mencegah keriput.

Selain itu, vitamin E pada ikan bisa menjadi antioksidan bagi kulit karena memperpanjang usia kulit, meningkatkan imunitas dan sirkulasi darah pada kulit.

Selanjutnya kandungan Selenium mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, Seng (Zn) bisa mengontrol produksi minyak di wajah serta Magnesium bisa meningkatkan elastisitas kulit. "Kalsium bisa mencegah kulit menipis dan rapuh. Taurin membantu membangun kembali kolagen yang rusak."

Pakar nutrisi dr. Raissa Edwina Djuanda mengatakan mengonsumsi ikan bisa bikin orang panjang umur. Ia pun mengutip sebuah penelitian yang menyebut bahwa orang yang mengonsumsi ikan minimal 1 kali setiap minggu memiliki risiko kematian 15% lebih rendah dibanding mereka yang tidak mengonsumsi ikan.

“Penelitian lain juga menyebutkan manfaat medis dari mengonsumsi ikan adalah menurunkan penyakit diabetes tipe 2, inflamasi, kanker, demensia, dan status psikologis,” kata Raissa.

Ia pun mengurai ikan lokal yang kaya omega 3 seperti ikan patin, lele, kembung, teri, tongkol dan tuna. Menurutnya, ikan-ikan tersebut bisa meningkatkan kecerdasan otak. Kandungan protein ikan juga berperan sebagai mekanisme pertahanan tubuh terhadap infeksi bakteri / virus.

"Sedangkan Taurine merupakan asam amino esensial yang banyak ditemui pada ikan air laut," sambungnya.

Tingkatkan Konsumsi

Merujuk pada segudang manfaat tersebut, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat mendorong peran aktif kaum hawa untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat. Ketua Bidang Ketahanan Keluarga TP-PKK Pusat Irma Zaenal menyebut kesadaran tersebut bisa dibangun melalui menghadirkan menu serba ikan untuk hidangan keluarga sehari-hari.

“Peran TP-PKK dalam mendukung Peningkatan Konsumsi Ikan dimulai ‘Dari Halaman Sampai Ke Meja Makan’, diantaranya dengan mengajak keluarga Indonesia mengonsumsi makanan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA) dan ikan menjadi salah satu komponen utama menu B2SA,” jelas Irma.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti menilai Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang diperingati setiap 21 November, menjadi momentum untuk meningkatkan konsumsi ikan karena terbukti baik bagi tubuh.

"Seluruh bagian dari ikan dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku produk bernilai tinggi. Kini dengan mudah kita menemukan komponen ikan pada produk farmasi, kosmetik, pangan fungsional, material medis hingga fashion," terang Artati di Jakarta, Sabtu (21/11/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement