Advertisement

Cek Fakta: Orang dengan Golongan Darah O Lebih Kebal Virus Corona

Krizia Putri Kinanti
Jum'at, 27 November 2020 - 11:27 WIB
Budi Cahyana
Cek Fakta: Orang dengan Golongan Darah O Lebih Kebal Virus Corona Petugas PMI memperlihatkan kantung darah di sela-sela kegiatan donor darah di Menara Mandiri I, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Orang dengan golongan darah O memiliki kemungkinan 12 persen lebih kecil untuk tertular virus Corona dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Dikutip dari Dailymail, Jumat (27/11/2020), mereka dengan golongan darah negatif (O-, A-, B- atau AB-), rata-rata, 21 persen lebih kecil kemungkinannya untuk tertular virus dibandingkan orang dengan tipe positif.

Advertisement

Individu dengan golongan darah O atau negatif juga 13 persen dan 19 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami gejala parah atau meninggal. Di Inggris, sekitar 15 persen populasi memiliki golongan darah negatif dan hampir setengahnya (sekitar 48 persen) adalah tipe O. Sekitar satu dari delapan orang (13 persen) adalah O-, yang 26 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terinfeksi dan 28 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan gejala parah atau meninggal.

Para peneliti dari Institute for Clinical Evaluative Sciences di Toronto mempelajari 225.556 orang yang melakukan tes darah antara 2007 dan 2019 dan swab tes Covid tahun ini. Setiap orang memiliki satu dari empat golongan darah, baik A, B, AB atau O dan perbedaan golongan darah bergantung pada ada atau tidak adanya perlekatan khusus pada sel darah merah yang disebut antigen.

Ada dua antigen, A dan B. Seseorang dapat memiliki salah satunya, keduanya (AB) atau tidak ada (O). Ada atau tidaknya molekul-molekul ini menentukan golongan darah seseorang. Ada antigen lain, tetapi tidak ada empat kemungkinan, hanya dua, dan ini disebut antigen Rhesus.

Para peneliti menganalisis catatan medis anonim lebih dari 225.000 pasien Covid dari Ontario dan menemukan 36,3 persen memiliki tipe darah A, 4,5 persen memiliki tipe AB, 14,9 persen memiliki tipe B, dan 44,3 persen memiliki tipe O.

Analisis statistik memperhitungkan semua variabel dan komorbiditas lain dan menemukan risiko relatif yang disesuaikan untuk infeksi SARS-CoV-2 adalah 15 persen lebih tinggi pada tipe AB daripada tipe A. Infeksi 5 persen lebih kecil kemungkinannya pada tipe O daripada A, tetapi jika dibandingkan dengan semua golongan darah, ini tumbuh hingga 12 persen, para peneliti menemukan.

“Ada 1.328 kasus Covid-19 dengan penyakit parah atau kematian, dengan probabilitas lebih tinggi di antara golongan darah AB dan B serta mereka yang Rh+. Mereka dengan golongan darah B berada pada risiko 21 persen lebih tinggi untuk penyakit parah setelah infeksi dibandingkan mereka dengan tipe A.

Dalam studi ini, yang dilakukan dalam sistem perawatan kesehatan universal dengan pengujian SARS-CoV-2 yang luas, golongan darah O dan Rh- dikaitkan dengan risiko yang sedikit lebih rendah untuk infeksi SARS-CoV-2 serta Covid-19 yang parah. penyakit atau kematian,” tulis para peneliti dalam penelitian mereka, yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement