Advertisement

Nomor WA Atas Nama Presiden Bagikan Bansos Rp15 Juta, Ini Faktanya

Newswire
Sabtu, 05 Agustus 2023 - 21:47 WIB
Maya Herawati
Nomor WA Atas Nama Presiden Bagikan Bansos Rp15 Juta, Ini Faktanya Tangkapan layar narasi hoaks yang menyatakan Jokowi bagikan bansos Rp15 juta melalui WhatsApp. (ist - TikTok)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Beredar pesan melalui Whatsapp, Presiden Jokowi membagikan dana bantuan sosial sebesar Rp15 juta untuk masyarakat.

Pengguna TikTok dengan foto profil Presiden Jokowi ini membubuhkan narasi sebagai berikut: "KATAKAN SAJA KALIAN PAKAI BUKU REKENING APA SAYA JANJI AKAN TF 15JT TANPA UNDI".

Advertisement

Ditampilkan pula gambar Kepala Negara dengan kopiah hitam serta kemeja coklat. Akun dengan sekira 31.500 pengikut itu menambahkan, untuk mendapatkan dana bantuan dari pemerintah, masyarakat hanya perlu menghubungi nomor WhatsApp yang tertera di kolom bio TikTok.

"HUB W-A DIBIO AMBIL HADIAH. CHAT WA DIBAWAH UNTUK PEMERATAAN BANSOS/BLT BULAN INI," demikian tambahan keterangan yang dimuat akun itu.

BACA JUGA: Akhir 2023, Angka Kemiskinan Ekstrem Diprediksi Turun 0,8 Persen

Namun, benarkah Presiden bagikan bansos Rp15 juta melalui WhatsApp? Pembagian dana bansos itu tidak berhubungan dengan gambar Presiden Jokowi di konten tersebut.

Berdasarkan penelusuran seperti dikutip dari Antara, Jokowi dalam gambar itu aslinya sedang mengucapkan belasungkawa kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, atas kepergian putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz.

"Saya dan keluarga turut berbelasungkawa atas berpulangnya ananda Eril, semoga seluruh keluarga Bapak Ridwan Kamil diberikan ketabahan dan keikhlasan," terang Presiden Jokowi dalam unggahan di akun Instagram resminya pada 4 Juni 2022.

Selain itu, tidak ditemukan informasi resmi dari pemerintah soal pembagian bansos lewat WhatsApp. Konten di TikTok tersebut dipastikan hasil manipulasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lonjakan Kasus DBD, Dinas Kesehatan DIY Belum Adakan Rapid Test

Jogja
| Senin, 06 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Chord dan Lirik Lagu Kupu-Kupu - Tiara Andini: Wahai Cinta Beri Pertanda

Hiburan
| Senin, 06 Mei 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement