Advertisement

Panji Gumilang Divonis 20 Tahun Penjara, Ini Faktanya

Newswire
Selasa, 22 Agustus 2023 - 13:47 WIB
Maya Herawati
Panji Gumilang Divonis 20 Tahun Penjara, Ini Faktanya Unggahan video hoaks yang menarasikan Panji Gumilang resmi divonis 20 tahun penjara. Faktanya, belum ada informasi resmi mengenai pernyataan tersebut. Facebook

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sebuah unggahan Facebook berdurasi delapan menit menarasikan bahwa pendiri dan pemimpin Pondok Pesantren Mahad Al-Zaytun, Panji Gumilang resmi divonis 20 tahun penjara.

Dalam video tersebut, foto thumbnail menunjukan Panji Gumilang mengenakan baju oranye khas tahanan dan digandeng oleh polisi.

Advertisement

Berikut narasi dalam unggahan tersebut: “PANJI R3SMI DIV0N!$ 20 THN , 4P4R4T SEPAK4T T!ND4K SEMUA P£L4KV AL ZAYTUN.

Namun, benarkah Panji Gumilang resmi divonis 20 tahun penjara pada 20 Agustus?

Berdasarkan penelusuran, video tersebut serupa dengan video CNN yang berjudul VIDEO: Bareskrim Akan Tindak Lanjuti Laporan Terkait Ponpes Al Zaytun”. Dalam unggahan tersebut, Kepala Bareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto, mengatakan akan menindak lanjuti laporan terkait Ponpes Al Zaytun. Dalam video tersebut, tidak dijelaskan bahwa Panji Gumilang resmi divonis 20 tahun penjara.

BACA JUGA: Tembus Rp8.000 T, Siapa Capres yang Berani Tanggung Warisan Utang Jokowi?

Panji Gumilang dijerat dengan pasal berlapis mulai dari dugaan penistaan agama, ujaran kebencian, dan penyebaran berita bohong.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Djuhandani Rahardjo Puro mengatakan, Panji Gumilang dijerat dengan Pasal 14 ayat 1 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 45a ayat 2 juncto Pasal 28 ayat 2 Undang-undang Nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, serta Pasal 156a KUHP. Dari persangkaan pasal berlapis tersebut, Panji Gumilang terancam dipidana hingga 20 tahun.

Namun, hingga saat ini belum ada informasi resmi mengenai vonis Panji Gumilang. Dengan demikian, unggahan video yang menarasikan Panji Gumilang resmi divonis 20 tahun penjara pada 20 Agustus merupakan keliru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Puluhan Pewarta Berjibaku di Turnamen Billiar Piala Wabup Sleman 2024 di 911 SCH, Ini Para Juaranya

Sleman
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Jadi Perempuan Terkaya Nomor 2 di Dunia dengan Harta Rp1.212 Triliun, Begini Perjalanan Karier Alice Walton

Hiburan
| Sabtu, 18 Mei 2024, 19:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement