Advertisement

Gelombang Tinggi Direkam Menyerang Yogyakarta Agustus 2023, Ini Faktanya

Newswire
Kamis, 31 Agustus 2023 - 16:17 WIB
Maya Herawati
Gelombang Tinggi Direkam Menyerang Yogyakarta Agustus 2023, Ini Faktanya Tangkapan layar narasi hoaks yang menyatakan ada gelombang tinggi terjang Yogyakarta pada Agustus 2023 / Youtube

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sebuah unggahan di kanal Youtube menampilkan rekaman gelombang tinggi menerjang pesisir hingga pantai. Video itu dibagikan kanal Youtube dengan lebih dari 44.000 pengikut.

Konten sepanjang tiga menit itu diklaim memperlihatkan bencana hidrometeorologi yang melanda kawasan Yogyakarta pada Agustus 2023. Pada sampul video, ditunjukkan pula gambar kota yang luluh lantak diterjang air dengan ketinggian melebihi gedung-gedung.

Advertisement

Hingga Rabu (30/8/2023), rekaman tersebut telah diputar sampai 10.000 kali. Berikut isi narasi yang disebarkan di Youtube: "Live; MENCEKAM YOGYAKARTA HARI INI LUDES DI TERJANG GELOMBANG TINGGI".

BACA JUGA: Harga Beras Melambung Tinggi, Ikatan Pedagang Sebut Kondisi Ini Terburuk

Lalu, benarkah gelombang tinggi terjang Yogyakarta pada Agustus 2023? Setelah didalami, isi video di Youtube itu sama sekali tidak spesifik membahas soal Yogyakarta.

Sang narator lebih tepatnya membacakan berita yang disiarkan ANTARA pada 22 Agustus 2023, dengan judul BMKG imbau masyarakat pesisir waspada gelombang tinggi hingga enam meter di perairan Indonesia.

Informasi soal adanya bencana air yang menerjang Yogyakarta juga tidak ditemukan pada Agustus 2023. Narasi di Youtube itu merupakan informasi yang direkayasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Bantul
| Senin, 06 Mei 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Rizky Febian dan Mahalini Laksanakan Dua Upacara Adat Jelang Ijab Kabul

Hiburan
| Senin, 06 Mei 2024, 12:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement