Advertisement

Beredar Kabar Cak Imin Ditetapkan Tersangka Korupsi Kemenaker, Ini Faktanya

Newswire
Sabtu, 16 September 2023 - 13:07 WIB
Maya Herawati
Beredar Kabar Cak Imin Ditetapkan Tersangka Korupsi Kemenaker, Ini Faktanya Unggahan video hoaks yang menarasikan cak imin resmi ditetapkan sebagai tersangka korupsi Kemenaker pada 11 September. Faktanya, hingga saat ini, KPK belum mengumumkan tersangka korupsi kemenaker. Antara - Facebook

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTABeredar sebuah unggahan video di Facebook menarasikan Kapolri mengumumkan secara langsung bahwa Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin resmi ditetapkan sebagai tersangka korupsi Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker).

Sebelumnya Cak Imin memang memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi terkait kasus korupsi pengadaan sistem proteksi TKI tahun 2012 di lingkungan Kemenaker pada Kamis (7/9/2023).

Advertisement

Dalam video yang beredar itu, ada narasi unggahan yang berisi:  “KAPOLRI UMUMKAN LANGSUNG, CAK IMIN DI TE-T4P-KAN TER-S4NG-K4 K0-RU-PSI KEMENAKER.”

Namun, benarkah Kapolri resmi tetapkan Cak Imin sebagai tersangka korupsi Kemenaker?

BACA JUGA: Update Tol Jogja Solo Seksi 1, Pembebasan Lahan Capai 92 Persen

Berdasarkan penelusuran, dalam video tersebut tidak ada informasi terkait penetapan resmi Cak Imin sebagai tersangka korupsi Kemenaker. Cak Imin memenuhi panggilan KPK sebagai saksi.

Penyidik KPK pada 18 Agustus 2023 menggeledah Kantor Kementerian Ketenagakerjaan di Jakarta. Namun, KPK belum mengumumkan temuan-temuan hasil penggeledahan itu.

Hingga saat ini, Penyidik KPK tengah menelusuri aliran uang dan transaksi keuangan dalam kasus dugaan korupsi pengadaan sistem proteksi TKI tahun 2012 di Kemnaker tersebut dan belum ada penetapan tersangka dari KPK.

Jadi klaim Kapolri resmi tetapkan Cak Imin sebagai tersangka korupsi Kemenaker pada 11 September adalah hoaks atau berita bohong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penetapan Anggota DPRD Kota Jogja Ditunda, Masih Menunggu Hasil Putusan MK

Jogja
| Senin, 06 Mei 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Chord dan Lirik Lagu Kupu-Kupu - Tiara Andini: Wahai Cinta Beri Pertanda

Hiburan
| Senin, 06 Mei 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement