Advertisement

Beredar Video Bayi Selamat dari Reruntuhan di Maroko, Ini Faktanya

Newswire
Kamis, 05 Oktober 2023 - 11:07 WIB
Maya Herawati
Beredar Video Bayi Selamat dari Reruntuhan di Maroko, Ini Faktanya Tangkapan layar video berisi hoaks yang diklaim menampilkan bayi selamat dari runtuhan Gempa Maroko (Twitter)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTABeredar sebuah video pendek yang memperlihatkan penemuan bayi di antara puing-puing tanah dan dibagikan berulang kali di X (dulu Twitter) sejak 9 September 2023.

Rekaman selama 12 detik itu awalnya menampilkan seorang pria dengan kaos putih. Tak lama berselang, pria tersebut menggali gumpalan tanah dan mengangkat tubuh seorang bayi yang masih terpasang dengan plasenta.

Advertisement

Bayi tersebut diklaim sebagai korban yang selamat dari gempa Maroko dengan kekuatan 6,8 skala Richter pada awal September 2023.

Penonton cuplikan gambar tersebut jumlahnya terpantau tinggi hingga 4 Oktober 2023, dari seribuan sampai yang terbanyak mancakup 300.000 penyiaran.

"Di sini, bayi yang baru lahir digali dari puing-puing setelah gempa berkekuatan 6,8 skala Richter menghancurkan Maroko. Doakan anak ini," demikian isi narasi yang disematkan dalam video tersebut. Lantas, benarkah video itu menunjukkan bayi selamat dari runtuhan Gempa Maroko?

BACA JUGA: Skrining dan Stigma Masih Jadi Kendala Eliminasi TBC

Gempa di Maroko yang terjadi pada 8 September 2023, memakan hingga lebih dari 2.800 korban tewas. Adapula, 2.562 orang lainnnya yang dilaporkan terluka.

Kendati demikian, bayi dalam video yang diunggah di Twitter itu sama sekali tidak masuk dalam kelompok korban gempa Maroko. Melansir AFP dan dikutip Antara, video penemuan bayi tersebut merupakan kejadian yang berlangsung di India.

Bayi baru lahir ini disebut dikubur oleh pasangan petani di Kanpur Dehat, India.  Polisi setempat menyatakan bahwa video tersebut direkam di Purandar dan bayi itu telah diadopsi pasangan yang menyelamatkannya. Jadi dengan demikian klaim video bayi selamat dari reruntuhan Gempa Maroko adalah hoaks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Bantul
| Senin, 06 Mei 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Rizky Febian dan Mahalini Laksanakan Dua Upacara Adat Jelang Ijab Kabul

Hiburan
| Senin, 06 Mei 2024, 12:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement