Advertisement

Viral Video Hamas Mampu Menembus Keamanan Israel Pakai Parasut, Ini Faktanya

Newswire
Sabtu, 14 Oktober 2023 - 14:07 WIB
Maya Herawati
Viral Video Hamas Mampu Menembus Keamanan Israel Pakai Parasut, Ini Faktanya Tangkapan layar video berisi narasi hoaks yang menyatakan Hamas tembus keamanan Israel dengan parasut. ist - TikTok

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAViral cuplikan gambar selama 40 detik yang beredar di TikTok, menampilkan sejumlah penerjun payung sedang terbang di langit.  Para penerbang dengan parasut berwarna merah itu terlihat layaknya sedang "mengepung" sebuah gedung tinggi berwarna putih.

Sang pengunggah video juga mengklaim bahwa para penerjun payung tersebut adalah anggota kelompok militan asal Palestina atau Hamas, yang tiba di Israel.

Advertisement

Hamas, dalam rekaman itu, disebut tengah menerobos pertahanan Israel di wilayah perbatasan jalur Gaza menggunakan parasut.

"Pasukan Hamas yg terkenal dengan pasuka tak terlihat, senyap dan sangat ditakuti tentara Israel, berhasil menembus pertahanan Israel di wilayah perbatasan jalur Gaza menggunakan paralayang sebelum melakukan serangan tak terduga. Disaat para warga Israel sedang asik berpesta di gurun negev," demikian isi narasi yang menjelaskan video di TikTok tersebut.

BACA JUGA: Gerindra Jogja Ajukan Gibran Jadi Cawapres Pendamping Prabowo

Lalu, benarkah video di TikTok itu adalah Hamas yang berhasil menembus keamanan Israel dengan parasut? Video yang dimuat di TikTok, sehari setelah Israel menyatakan perang melawan Hamas pada 8 Oktober 2023 itu, ternyata diambil di atas gedung Akademi Militer Mesir, di Kairo.

Fakta ini didapatkan dari simbol dan tulisan di gedung yang terekam pada detik kesebelas video tersebut. Saat tulisan Arab di gedung tersebut diubah dalam Bahasa Inggris, keterangannya menjadi millitary college.

Seorang pengguna platform X juga membenarkan gedung dalam rekaman itu adalah Akademi Militer Mesir, sembari menunjukkan gambar tulisan dan simbol identik dengan yang ada di TikTok.

Dengan demikian, narasi yang menyatakan video tersebut merupakan aksi Hamas, yang masuk kawasan Israel adalah salah dan merupakan kabar bohong alias hoaks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Melayat ke Pemakaman Suharsono, Begini Komentar Bupati Bantul Abdul Halim Muslih

Bantul
| Senin, 06 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Chord dan Lirik Lagu Kupu-Kupu - Tiara Andini: Wahai Cinta Beri Pertanda

Hiburan
| Senin, 06 Mei 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement