Advertisement

Surya Paloh Dikabarkan Jadi Tersangka Korupsi Kementan, Cek Faktanya

Newswire
Rabu, 25 Oktober 2023 - 10:07 WIB
Maya Herawati
Surya Paloh Dikabarkan Jadi Tersangka Korupsi Kementan, Cek Faktanya Unggahan video hoaks yang menarasikan Surya Paloh salah satu tersangka korupsi di Kementan pada 21 Oktober. Faktanya, isi video tidak sesuai dengan narasi judul. Youtube

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTASanter beredar kabar Surya Paloh ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi di Kementerian Pertanian yang juga menjerat mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Sebelumnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjerat Syahrul  dalam kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi di Kementerian Pertanian beberapa waktu lalu.

Sebuah unggahan video di YouTube menarasikan bahwa KPK juga menangkap Surya Paloh sebagai salah satu tersangka korupsi di Kementan. Dalam video tersebut dijelaskan Surya Paloh mendapat aliran uang dari Kementan sebesai Rp100 miliar.

Advertisement

Berikut narasi dalam unggahan tersebut: GEGER SORE INI || 100 MILYAR LUD£S, SURYA PALOH T£RCYDUK K0RUP$I DI KEMENTAN. Namun, benarkah Surya Paloh salah satu tersangka korupsi di Kementan pada 21 Oktober?

BACA JUGA: Sah, Amran Sulaiman Dilantik Presiden Jadi Menteri Pertanian, Ini Profilnya

Berdasarkan penelusuran, dalam video tersebut hanya menjelaskan terkait korupsi yang dilakukan oleh salah satu kader NasDem, SYL. Akan tetapi tidak ada informasi resmi mengenai Surya Paloh yang menjadi salah satu tersangka korupsi Kementan pada 21 Oktober.

Selain itu, narator dalam unggahan video tersebut juga hanya membacakan artikel dari laman Ayobandung yang berjudul “Diseret Syahrul Yasin Limpo dalam Kasus Korupsi di Kementan, Partai NasDem Beri Tanggapan Menohok!”. Sebelumnya, Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa KPK menemukan aliran dana sejumlah miliaran rupiah dari SYL ke Partai NasDem. Namun, Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni, membantah hal tersebut.

Hingga saat ini, KPK masih mendalami terkait kemungkinan aliran uang diduga hasil korupsi SYL ke Partai Nasdem. Dengan demikian kabar Surya Paloh ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi Kementerian Pertanian adalah kabar bohong alias hoaks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Bantul
| Senin, 06 Mei 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Rizky Febian dan Mahalini Laksanakan Dua Upacara Adat Jelang Ijab Kabul

Hiburan
| Senin, 06 Mei 2024, 12:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement