Advertisement

Beredar Kabar Bihun Asal Tiongkok Bercampur Plastik Dijual di Indonesia, Cek Faktanya

Newswire
Kamis, 09 November 2023 - 12:07 WIB
Maya Herawati
Beredar Kabar Bihun Asal Tiongkok Bercampur Plastik Dijual di Indonesia, Cek Faktanya Unggahan video hoaks yang menarasikan bihun asal China beredar di Indonesia terbuat dari plastik. Faktanya, BPOM menjelaskan bahwa informasi tersebut adalah hoaks. (WhatsApp)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTABeredar video berdurasi satu menit 37 detik beredar di WhatsApp yang menampilkan sebuah merek kemasan bihun yang diklaim sebagai merek bihun dari Tiongkok. Dalam video tersebut juga ditampilakn bihun yang belum dimasak tersebut terbakar saat disulut dengan api.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut: “Hati hati BAHAYA..!! Infokan ke Masyarakatnyata terbuat DARI PLASTIK, ingat merknya.? Infokan ke Masyarakat.”

Advertisement

Namun, benarkah bihun merek Tiongkok yang beredar di Indonesia menggunakan campuran plastik? Akun Instagram resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menjelaskan bahwa informasi tersebut adalah hoaks.

BACA JUGA: Arus Mudik dan Balik Libur Natal dan Tahun Baru, Ini Prediksi Puncaknya

Pertama, produk pangan yang memiliki rantai karbon (ikatan antar atom karbon) memiliki kadar air rendah, terutama yang berbentuk tipis dan berpori seperti bihun, mi, kerupuk, biskuit, dan makanan ringan lainnya dapat terbakar atau menyala jika disulut dengan api.

Kedua, produk pangan yang terbakar atau menyala tersebut tidak dapat langsung dinyatakan terbukti mengandung plastik dan/atau lilin. Kepastian untuk membuktikan adanya kandungan plastik dan/atau lilin harus dilakukan melalui pengujian lebih lanjut di laboratorium. Dengan demikian, narasi bihun asal Tiongkok yang beredar di Indonesia terdapat campuran plastik merupakan hoaks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penetapan Anggota DPRD Kota Jogja Ditunda, Masih Menunggu Hasil Putusan MK

Jogja
| Senin, 06 Mei 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Chord dan Lirik Lagu Kupu-Kupu - Tiara Andini: Wahai Cinta Beri Pertanda

Hiburan
| Senin, 06 Mei 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement