News

CEK FAKTA: Inul Daratista Meninggal Dunia karena Kecelakaan?

Penulis: Bernadheta Dian Saraswati
Tanggal: 06 Januari 2022 - 15:07 WIB
Inul Daratista Suara.com - Ismail]

Harianjogja.com, JOGJA-Belum lama ini muncul sebuah artikel yang menyebutkan bahwa pedangdut Inul Daratista meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan. Artikel tersebut juga menyajikan foto sebuah mobil yang ringsek karena kecelakaan.

Dilansir dari turnbackhoax.id, artikel tersebut berjudul “Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya Inul Daratista, InnaIiIahi WainnaiIIaihirojiun Kabar Duk? M?n??I?mut? …” yang tayang di situs seputarberita[dot]xyz. Artikel juga memuat foto sebuah mobil berwarna putih dalam kondisi terbalik di jalan raya.

Hasil penelusuran Turnbackhoax.id menyatakan bahwa artikel itu tidak benar. Selain Inul Daratista belum meninggal, foto di artikel itu adalah foto kecelakaan pada tahun 2018 yang tidak ada kaitannya dengan Inul Daratista.

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya artikel yang mengklaim bahwa Inul Daratista meninggal dunia merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, klaim di artikel itu tidak benar. Selain Inul Daratista belum meninggal, foto di artikel itu adalah foto kecelakaan pada tahun 2018 yang tidak ada kaitannya dengan Inul Daratista.

Baca juga: Dinas Pariwisata Gunungkidul Minta Jogja Sky Lengkapi Sertifikasi Keamanan

Merasa menjadi bahan pemberitaan, pada 5 Januari kemarin pedangdut asal Pasuruan Jawa Timur itu mengunggah sebuah foto di laman Instagramnya. Inul Daratista melalui akun instagram terverifikasi miliknya masih mengunggah foto dirinya dengan narasi “Hello Netizen sayang selamat pagi selamat berjulit jgn lupa sruput teh hangat dan roti manis bikin Hoax nya nambah sy makin sehat semoga kita smua diparingi sehat nggih amin”

Isi artikel dalam portal itu mengambil cuplikan berita berjudul “Innalilahi.. Yuni Sarah Tewas Terseret Truk Tangki Minyak” yang tayang di Sindonews.com pada 12 Oktober 2016. Artikel itu kerap didaur ulang dalam beberapa hoaks artis meninggal lainnya yang sudah diperiksa faktanya dalam artikel berjudul “[SALAH] Artikel “Berita Duka, SeIamat JaIan Untuk SeIamanya Akang Sulle” dan juga [SALAH] “Kabar Duka Cita Innalilahi…!! ARIEL NOAH sampaikan berita Meninggal Dunia, Akibat Kecelakaan Maut?”

Selain itu, foto mobil berwarna putih di artikel itu adalah foto kecelakaan pada tahun 2018 yang salah satu dimuat di artikel berita berjudul “Mobil Kecelakaan di Wijaya Jaksel Hingga Terbalik” yang terbit di situs Detikcom pada 15 April 2018.

Berita Terkait

Benarkah Antibodi Covid Bikin ASI Berubah Warna?
CEK FAKTA: Benarkah PDIP Usul Tutup Semua Pesantren di Seluruh Indonesia?
Data PeduliLindungi Dikabarkan Bocor, Begini Faktanya..

Berita Lainnya

  1. Disdikbud-TACB Sukoharjo Kaji 5 Objek Diduga Cagar Budaya, Ini Listnya
  2. Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (21/5/2022): Filmnya Keren-keren Hlo
  3. Lirik Lagu Lara – Difki Khalif feat Ariel Noah
  4. Dekorasi Pernikahan Adik Jokowi-Ketua MK di Solo Berkonsep Jawa Klasik

Berita Terbaru Lainnya

CEK FAKTA: Inul Daratista Meninggal Dunia karena Kecelakaan?
CEK FAKTA: Benarkah PDIP Usul Tutup Semua Pesantren di Seluruh Indonesia?
Beredar Kabar Istri Gus Dur Meninggal Dunia, Alissa Wahid: Sehat, Sedang Mengaji
Hoaks Vaksin Bikin Pasien Covid-19 Makin Parah, Ini Penjelasan Dokter
CEK FAKTA: Benarkah RS Penuh sehingga Jawa Timur Zona Hitam Covid-19?
Cek Fakta: Penjelasan Soal Kabar Vaksin Covid-19 Mengandung Cip Mikro Magnetis
CEK FAKTA: Vaksin Covid-19 Bahaya Bagi Wanita Menstruasi?
CEK FAKTA: Benarkah Jumlah Kasus Covid-19 Klaten Meledak?
CEK FAKTA: Benarkah PM Israel Ancam Muslim dengan Vaksin?
CEK FAKTA: Benarkah Panglima TNI Dipecat karena KRI Nanggala Tenggelam?