Advertisement

Libur Paskah Penumpang Giwangan Sepi, Adisutjipto Ramai

Herlambang Jati Kusumo
Sabtu, 20 April 2019 - 10:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Libur Paskah Penumpang Giwangan Sepi, Adisutjipto Ramai Penumpang bersiap memasuki bus di Terminal Giwangan, Jogja. - Harian Jogja/Rheisnayu Cyntara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Libur panjang akhir pekan ini dinilai tidak begitu berpengaruh terhadap peningkatan penumpang baik kedatangan maupun keberangkatan di Terminal Giwangan, Jogja.  Situasi berbeda justru terjadi di Bandara Internasional Adisutjipto. 

“Untuk libur Paskah ini belum terlihat malahan peningkatannya. Peningkatan kemarin saat menjelang Pemilu, untuk jarak dekat seperti Purwokerto, Cilacap [Jawa Tengah]. Mungkin mahasiswa yang pada mau balik nyoblos ya, sekitar 20 persen-30 persen peningkatannya,” kata Pengelola administrasi terminal Giwangan, Aji Fajar, Jumat (19/4).

Advertisement

Sementara untuk kedatangan maupun keberangkatan ke kota besar seperti Jakarta, menurutnya hingga saat ini masih normal belum ada peningkatan yang signifikan. Hal ini diprediksi akan berlangsung  hingga pertengahan Ramadan.

“Terminal Giwangan cukup besar, jadi kalau peningkatan kalau hanya sedikit tidak begitu terlihat. Artinya masih bisa menampung, tidak perlu armada tambahan. Kemudian peningkatan penumpang sendiri diprediksi baru akan mengalami peningkatan pada pertengahan Ramadan,” katanya.

Sejumlah persiapan, menurut Aji sudah mulai dilakukan dengan koordinasi internal. Kemudian sebelumnya juga dilakukan sidak pada makanan maupun minuman yang ada di terminal untuk memastikan keamanannya.

General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama memaparkan untuk jumlah penumpang pada Kamis (18/4) atau sehari sebelum libur Paskah, lebih banyak dibandingkan beberapa hari sebelumnya. “Jumlah tadi malam [Kamis (18/4) 15.614 penumpang,” ucapnya.

Angka tersebut lebih banyak dibandingkan total penumpang dan pesawat terkait jelang Pemilu atau Pilpres Rabu (17/4). Pada Selasa (9/4) jumlah penumpang sebanyak 12.893, kemudian pada Senin (15/4) sedikit turun diangka 12.614 penumpang. Kemudian pada Selasa (16/4) dikisaran 12.700 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Senin 20 Mei 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu

Jogja
| Senin, 20 Mei 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement