Advertisement

Wow, Baru 2 Hari, Penukaran Uang di Bank Indonesia Sudah Segini

Ipak Ayu H Nurcaya
Kamis, 16 Mei 2019 - 19:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wow, Baru 2 Hari, Penukaran Uang di Bank Indonesia Sudah Segini

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Bank Indonesia telah membuka penukaran uang sejak 14 Mei 2019. Selama dua hari ini, penukaran uang sudah mencapai Rp40,6 triliun. Nilai tersebut setara dengan 18,70% dari total uang tunai yang disiapkan sebesar Rp217,1 triliun.

Deputi Gubenur Bank Indonesia Rosmaya Hadi mengatakan bahwa menyambut antusiasme masyarakat tersebut, pihaknya telah menyiapkan 2.900 titik penukaran uang di berbagai wilayah.

Advertisement

"Kami akan siapkan di area-area peristirahatan, pom bensin, dan lainnya ketika waktu-waktu mudik. Di sana masyarakat tidak hanya bisa menukar uang tetapi top-up saldo uang elektronik dan mendapat berbagai edukasi seperti ciri-ciri keaslian uang," katanya, Kamis (16/5/2019).

Rosmaya menambahkan bahwa BI juga menyiapkan paket cepat untuk penukaran uang Rp3,9 juta yang di dalamnya sudah terdapat berbagai pecahan uang besar dan kecil. Paket tersebut meningkat dari tahun lalu yang sebesar Rp3,7 juta.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengapresiasi kinerja perbankan yang ada di seluruh wilayah di Indonesia dan kantor cabang BI di daerah-daerah atas kerja sama penyediaan uang tunai untuk masyarakat menyambut Lebaran. Meski demikian, dia mengimbau masyarakat tetap aktif menggunakan uang elektronik.

"Jangan lupa tetap memanfaatkan transaksi uang elektronik, karena kami juga pastikan layanan top-up saldo," ujar Perry.

Sebelumnya, Bank Indonesia memperkirakan kebutuhan uang kuartal pada periode Ramadan dan Idulfitri tahun ini sebesar Rp217,1 triliun atau tumbuh 13,5% secara tahunan. Pada 2018 lalu, kebutuhan uang tunai mencapai Rp191,3 triliun.

Rosmaya menjabarkan berdasarkan kelompok kegiatan, peredaran uang tunai perode Ramadan dan Idul Fitri 2018 sebagian besar berupa penarikan perbankan di satker kas sebesar Rp170,1 triliun atau sebesar 88,9%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jumlah TPS Pilkada Bantul 2024 Diperkirakan Menyusut Dibanding Pemilu, Ini Alasannya

Bantul
| Kamis, 18 April 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement