Advertisement

Tahun Politik Jadi Momen Bank Syariah Berbenah

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 20 Mei 2019 - 08:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Tahun Politik Jadi Momen Bank Syariah Berbenah Konsultan Karim Consulting, Adiwarman A Karim, saat mengisi Talk Show Perbankan Syariah, Arah dan Prospek Perbankan Syariah Pasca Pemilu, di Wisma MM UGM, Sabtu (19/5)./ Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tahun politik dapat menjadi kesempatan yang tepat bagi bank syariah memperbaiki masalah internal. Upaya ini untuk untuk membereskan internal bagi Bank Syariah, supaya nanti di 2020 akan lebih baik. 

“2019 Bisnis melambat iya. Namun perbaikan kualitas [juga] iya. Jadi tahun ini [ada] perbaikan kualitas,” ucap Konsultan Karim Consulting, Adiwarman A Karim, seusai mengisi Talk Show Perbankan Syariah, Arah dan Prospek Perbankan Syariah Pasca Pemilu, di Wisma MM UGM, Sabtu (19/5).

Advertisement

Ia menilai saat tahun politik, lazim jika perekonomian melambat. Di sisi lain,  saat ini perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China masih terjadi dan uang lari ke luar negeri sehingga perekonomian Indonesia turut melambat.

“Dalam keadaan seperti ini keadaan industri perbankan termasuk konvensional, NPF [Non Performing Financing] lagi meningkat,” katanya.

Meski banyak hal yang terjadi, dia menuturkan perbankan syariah perlu memperhatikan setiap aset. Utamanya yang berkualitas rendah sehingga ke depan membaik. Selain itu, dia menyarankan perbankan tak berekspansi secara berlebihan lantaran kondisi ekonomi global belum stabil dan Oktober mendatang efek pemilu masih akan terasa.  “Sampai Oktober, diprediksi masih akan terjadi negoisasi-negoisasi mengenai masa depan bangsa,” ucapnya.

Wakil Ketua Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) DIY, Slamet Wahyudi mengungkapkan talk show ini diharapkan memberi gambaran apa yang perlu dilakukan Bank Syariah pascapemilu. “Tahun politik ini memang melambat. Harapannya dengan kegiatan ini memberi pencerahan terkait dengan arah kegiatan perbankan syariah di Indonesia sehingga memberikan prospek ada strategi yang harus dilakukan,” ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Termasuk Jogja, BMKG Ingatkan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Waspada Cuaca Ekstrem

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement