Advertisement

Olifant School Siap Songsong Tahun Ajaran Baru secara New Normal

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 01 Juli 2020 - 17:32 WIB
Arief Junianto
Olifant School Siap Songsong Tahun Ajaran Baru secara New Normal Aktivitas yang dilakukan Olifant School guna menyambut tahun ajaran baru secara new normal, belum lama ini. - Istimewa/Olifant School

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Olifant School bersiap menghadapi tahun ajaran baru 2020/2021 di masa new normal. Sebagai sekolah yang memberikan komitmen untuk menjadi pionir dalam dunia pendidikan selalu berusaha menyiapkan kegiatan pembelajaran dan support system yang sesuai dengan situasi terkini bahkan juga mempersiapkan hal-hal yang harus dihadapi anak-anak di masa mendatang.

Head of Creative and Program Development Olifant School, Mariana Hastuti mengatakan perhatian mengenai safety and security siswa menjadi prioritas utama bagi Olifant, termasuk juga guru dan warga sekolah lain. “Khusus dalam kaitannya dengan persiapan belajar di kebiasaan baru, Olifant sudah bersiap membentuk Gugus Covid-19 yang anggotanya terdiri dari sekolah, guru dan orang tua serta masyarakat. Mulai 1 Juli 2020, pelaksanaan pembiasaan baru di sekolah dimulai,” kata Mariana melalui rilis, Rabu (1/7/2020).

Advertisement

Beberapa hal yang jadi persyaratan dari Gugus Covid-19 nasional apabila nantinya sekolah dinyatakan boleh membuka sekolah antara lain, ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan sekolah, termasuk di dalamnya toilet bersih, wastafel untuk cuci tangan, hand sanitizer dan cairan desinfektan. Dalam pengadaan sarana sanitasi dan kebersihan sekolah ini Olifant sudah menjadi bagian sarana prasarana yang diadakan.

Selain itu, sekolah juga harus mampu mengakses layanan rumah sakit. Olifant School selama ini memiliki kerja sama dengan puskesmas setempat, dan beberapa rumah sakit untuk mendukung layanan kesehatan sekolah, sehingga apabila nanti memasuki masa transisi ataupun masa belajar kebiasaan baru Olifant sudah siap.

“Sekolah juga harus siap menerapkan wajib masker. Penggunaan masker dan face shield untuk perlindungan kepada anak menjadi salah satu bagian protokol kesehatan yang akan disosialisasikan serta dibiasakan kepada anak-anak memasuki tahun ajaran ini,” ucap dia.

Tak hanya itu, sekolah juga harus memiliki fasilitas thermo gun untuk mengukur suhu tubuh. Di lingkungan Olifant, pengukuran suhu tubuh sudah dilakukan secara rutin saat sebelum warga sekolah memasuki area sekolah. “Bahkan sejak Maret 2020 sebelum pemberlakuan physical distancing dan tetap akan dilaksanakan jika nantinya sekolah sudah mendapatkan izin untuk melaksanakan kegiatan tatap muka,” ucap dia.

Menurut Mariana, keberhasilan dalam masa transisi tidak lepas dari peran orang tua dan keluarga guna mulai membiasakan hidup dan kebiasaan sehat di rumah. Misalnya kebiasaan untuk cuci tangan, menggunakan masker ketika keluar rumah, menjaga jarak, dan memiliki pola hidup sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja Solo Rabu 1 Mei 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu Jogja

Jogja
| Rabu, 01 Mei 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement