Advertisement

Wah, Diam-Diam Apple Siapkan Prototype Layar Lipat untuk iPhone

Rezha Hadyan
Sabtu, 16 Januari 2021 - 21:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wah, Diam-Diam Apple Siapkan Prototype Layar Lipat untuk iPhone Logo Apple di satu toko Apple di Munich, Jerman - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Apple diam-diam ternyata sudah memulai pengerjaan purwarupa (prototype) layar untuk ponsel lipatnya. Namun hingga kini belum diketahui kapan akan diperkenalkan ke publik.

Melansir The Verge pada Sabtu (16/1/2021), sebuah laporan menyebut bahwa Apple sudah melakukan pengerjaan purwarupa layar untuk ponsel lipatnya. Layar tersebut dilaporkan mirip dengan layar lipat yang digunakan oleh Samsung, Motorola dan pabrikan lainnya yang sudah lebih dahulu memasarkan ponsel lipatnya.

Advertisement

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat itu diketahui tengah mencari cara untuk membuat layar yang dapat dilipat dengan engsel yang sebagian besar tidak terlihat yang dapat dibuka hingga seukuran iPhone 12 Pro Max. Laporan tersebut mengatakan bahwa tim pengembang saat ini masih membahas ukuran layar yang akan dibuat.

Namun, laporan itu menyebutkan bahwa perangkat tersebut kemungkinan masih akan dirilis bertahun-tahun lagi, dan Apple hanya mengerjakan tampilan untuk saat ini, bukan bagian ponsel lainnya.

Apple belum secara terbuka menunjukkan minat apa pun dalam membuat ponsel yang dapat dilipat, meskipun raksasa teknologi itu memang jarang menunjukkan minatnya sebelum memasuki kategori produk baru.

Pesaing utama Apple yang telah terlebih dulu memasuki kategori produk tersebut, antara lain Samsung dan Motorola yang telah merilis beberapa generasi ponsel lipat. Samsung Galaxy Fold diperkenalkan pada April 2019, meskipun kemudian mengalami perbaikan karena masalah substansial.

Sementara iPhone pada tahun ini dilaporkan akan memiliki peningkatan kecil, namun satu peningkatan substansial yang masih mungkin adalah sensor sidik jari dalam layar.

Apple dikabarkan mempertimbangkan fitur tersebut pada awal 2020, dan diharapkan menjadi penambahan yang jelas pada 2021 karena penggunaan masker wajah menghambat kemampuan untuk menggunakan Face ID.

Tidak jelas seberapa besar kemungkinan Touch ID dalam layar akan dikemas pada iPhone 2021, sebab Apple cenderung mengunci rapat fitur iPhone sebelum masuk produksi, namun dilaporkan bahwa Apple "masih menguji" teknologi itu untuk dimasukkan tahun ini.

Apple juga kabarnya telah membahas penghapusan port lightning demi pengisian nirkabel pada "beberapa" model iPhone.

Apple tahun ini kabarnya juga akan menghadirkan perangkat pelacak AirTags, pesaing Tile dan Galaxy Smart Tag milik Samsung, juga melakukan penyegaran iPad Pro dengan tampilan Mini LED, serta iPad entry-level yang lebih tipis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement