Advertisement

Klaim Wamenkeu: Sejak Awal Sudah Instruksikan agar APBD Siap Tangani Lonjakan Covid

Jaffry Prabu Prakoso
Selasa, 06 Juli 2021 - 09:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Klaim Wamenkeu: Sejak Awal Sudah Instruksikan agar APBD Siap Tangani Lonjakan Covid Gedung Kementerian Keuangan - kemenkeu.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sejak awal, Pemerintah Pusat telah siap untuk menangani Covid-19 jika terjadi lonjakan penyebaran seperti saat ini. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.

“Karena itu, dari awal kami sudah memberikan instruksi agar anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) itu bisa siap. Nah, berbagai macam cara sudah diminta,” katanya pada konferensi pers virtual, Senin (5/7/2021).

Advertisement

Suahasil menjelaskan bahwa pemerintah pusat telah meminta kepada seluruh kepala daerah untuk merealokasi anggaran dengan tujuan agar dapat melakukan antisipasi lonjakan kasus seperti untuk rumah sakit, alat kesehatan, dan tenaga kesehatan.

Dia menuturkan, ada bentuk belanja daerah yang dapat disiapkan salah satunya dana alokasi umum (DAU) dan dana bagi hasil (DBH) dengan alokasi 8 persen atau Rp35,14 triliun. Ada lima kategori dari anggaran tersebut yang mencakup penanganan Covid-19, dukungan vaksinasi, dukungan pada kelurahan, insentif tenaga kesehatan, serta belanja lainnya dan kegiatan prioritas yang ditetapkan pemerintah pusat.

Kemudian, ada juga penggunaan dana insentif desa (DID) untuk bidang kesehatan dengan alokasi Rp5,89 triliun. Terakhir adalah dana desa sebesar Rp5,76 triliun.

“Khusus daerah-daerah yang melakukan realokasi anggaran, semua sudah dalam pantauan kami. Kalau ada pertanyaan lebih lanjut, dapat menghubungi kami di Kemenerian Keuangan, terutama Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Risiko,” jelas Suahasil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Long Weekend, Saatnya Liburan! Ini Dia Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata Seru di Jogja

Jogja
| Minggu, 12 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement