Advertisement

Perkenalkan, Ini Dia Kepala Perwakilan BI DIY yang Baru Saja Dikukuhkan

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 07 Februari 2022 - 17:17 WIB
Arief Junianto
Perkenalkan, Ini Dia Kepala Perwakilan BI DIY yang Baru Saja Dikukuhkan Budiharto Setyawan (kiri) saat dikukuhkan sebagai Kepala Perwakilan BI DIY, Senin (7/2/2022). - Istimewa/BI DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bank Indonesia (BI) DIY kini resmi memiliki Kepala Perwakilan yang baru bernama Budiharto Setyawan yang sebelumnya bertugas sebagai Kepala Perwakilan BI Lampung.

Sebelum diisi oleh Budiharto, posisi orang nomor satu di BI DIY diisi oleh Hilman Tisnawan yang kini menjabat sebagai Kepala Perwakilan BI Tokyo. Sementara sembari menunggu masa pengukuhan Budiharto sebagai Kepala Perwakilan BI DIY, maka posisi Hilman yang kosong tersebut diisi oleh Pelaksana Tugas Kepala Perwakilan BI DIY yang dijabat oleh Miyono.

Advertisement

Pengukuhan Budiharto Setyawan Kepala Perwakilan BI DIY dilakukan langsung oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo, dan dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, di gedung Kantor Perwakilan BI DIY, Senin (7/2/2022).

Dalam sambutannya, Sultan menyampaikan pentingnya penyesuaian basis pariwisata di DIY dari berbasis kerumunan menuju ke quality tourism di tengah gelombang ketiga Covid-19 akibat penyebaran varian Omicron.

“Di sinilah pentingnya pengoptimalan BI DIY dalam mendorong pengembangan sektor riil dan mewujudkan clean money policy,” ucapnya melalui rilis, Senin.

Sri Sultan HB X berharap sinergisitas dan kolaborasi antara Pemda, BI, dan stakeholder lainnya yang telah berjalan dengan baik dapat terus berlanjut di bawah kepimpinan Budiharto Setyawan. Hal itu perlu dilakukan untuk mewujudkan perekonomian DIY yang lebih sejahtera.

Senada, Gubernur BI, Perry Warjiyo juga menyampaikan pentingnya penyesuaian strategi pemulihan ekonomi di tengah lonjakan kasus Covid-19. Perry menyampaikan komitmen BI dalam mengawal pemulihan ekonomi daerah.

Pertama, BI turut mendorong akselerasi vaksinasi bagi masyarakat; kedua, BI turut mendukung beroperasinya sektor produktif dan aman di daerah, dalam hal ini, perluasan vaksinasi menjadi hal yang krusial bagi sektor pariwisata sebagai salah satu sektor produktif DIY agar dapat tetap beroperasi dengan aman.

Ketiga, BI mendukung sinergi kebijakan fiskal pusat dan daerah, termasuk melalui percepatan realisasi pendapatan dan belanja daerah dengan elektronifikasi transaksi pemerintah.

Keempat, kami juga turut bersinergi dengan pemda untuk memfasilitasi pengembangan dan penciptaan nilai tambah UMKM. Kami juga turut mendorong digitalisasi ekonomi DIY, melalui perluasan QRIS bagi UMKM dan BI Fast Payment yang melayani transaksi ritel masyarakat secara real time, aman, mudah, dan beroperasi 24 jam,” ucap Perry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pj Walikota Jogja Singgih Raharjo Maju Pilkada, Begini Respons Pemda DIY

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement