Advertisement

Berkah Balkonjazz 2022, Ojek dan Homestay di Balkondes PGN Karangrejo Laris Manis

Galih Eko Kurniawan
Jum'at, 13 Mei 2022 - 16:47 WIB
Galih Eko Kurniawan
Berkah Balkonjazz 2022, Ojek dan Homestay di Balkondes PGN Karangrejo Laris Manis Homestay Balkondes PGN Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah. - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Balkonjazz Festival 2022 yang digelar di Balkondes PGN Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah jadi berkah tersendiri bagi warga sekitar, terutama mereka pemilik homestay, para pengemudi ojek serta pemilik lahan parkir. 

Pemilik lahan parkir dapat rezeki dari konsep pelaksanaan Balkonjazz yang mengarahkan kendaraan untuk parkir di dua dusun yang berdekatan dengan Balkondes, yakni Dusun Bumen Jelapan dan Kretek 1. 

Advertisement

"Dengan jarak sekitar 200 hingga 500 meter dari tempat parkir ke lokasi acara, calon penonton sudah disiapkan 70 unit ojek dari warga Desa Karangrejo,” ungkap Kepala Desa Karangrejo, M Heli Rofikun, Jumat (13/5/2022).

Tarif parkir sudah diseragamkan. Untuk kendaraan roda empat Rp10.000 sedangkan roda dua Rp5.000. Sementara tarif ojek disamakan Rp10.000 dari selter parkir menuju acara.

Tidak hanya ojek dan tempat parkir, Balkonjazz 2022 ini juga membuat homestay di Balkondes dan homestay yang dikelola warga penuh.

Saat ini, Homestay Balkondes sebanyak 20 kamar semua penuh dan ratusan homestay warga sekitar ramai dipesan. Heli memaparkan tidak ada harga khusus  yang ditetapkan. Harga yang diberikan sama seperti hari-hari biasa, yakni Rp500.000 percmalam sementara homestay warga kisaran Rp200.000 sampai Rp350.000 per malam.

Heli memprediksi pengunjung Balkonjazz 2022 nanti lebih dari 1.000 orang baik pemegang tiket non VIP ataupun tiket VIP. Selain itu adapula pasar tiban selama penyelenggaraan Balkonjazz, yakni Pasar Balkon yang memiliki 40 gerai yang diisi oleh ibu-ibu Karangrejo.

Pasar Balkon menyediakan aneka kuliner baik makanan berat ataupun makanan ringan, aneka minuman olahan dari warga sekitar.

Awal mula diadakan Balkonjazz di Karangrejo awalnya untuk mengenalkan sebagai bagian dari wisata yang ada di Borobudur. "Akhirnya diadakan acara ini supaya anak muda se-Indonesia lebih mengenal Balkondes PGN Karangrejo sebagai wisata alternatif yang ada di Borobudur," papar Heli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement