Advertisement

DIY Incar Investasi Rp4,5 Triliun, Pintu Keluar Tol Jogja Solo & Jogja Bawen Jadi Tumpuan

Sunartono
Senin, 16 Mei 2022 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
DIY Incar Investasi Rp4,5 Triliun, Pintu Keluar Tol Jogja Solo & Jogja Bawen Jadi Tumpuan Ilustrasi jalan tol. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—DIY mengincar investasi Rp4,5 triliun selama 2022. Kawasan pintu keluar atau Exit Toll Jogja Solo maupun Jogja Bawen menjadi tumpuan.

Model investasi diarahkan pada kegiatan bisnis yang tidak membutuhkan banyak lahan sehingga exit toll dinilai cocok.

Advertisement

BACA JUGA: Tidak Kuat Menanjak di Jalan Imogiri-Dlingo, Mikrobus Hantam Dua Mobil di Belakangnya

Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY Agus Priono menjelaskan peluang investasi di area exit toll wilayah DIY meliputi hotel, resor, serta MICE. Salah satu lokasi yang prospektif adalah pengembangan  Prambanan - Gading karena salah satu titik keluar Tol Jogja Solo akan dibangun di kawasan ini.

Wilayah Tempel juga akan menjadi pintu keluar Tol Jogja Bawen sehingga bisa menarik peluang investasi.

"Kami berharap adanya tol tidak hanya berdampak pada investasi, tetapi juga pariwisata, perdagangan. Kajian terhadap titik potensi investasi juga kami lakukan," katanya kepada Harianjogja.com, Senin (16/5/2022).

Ia mengatakan pada 2021 investasi di DIY terealisasi sekitar 80% dari target sekitar Rp3,8 triliun yang ditetapkan Pemerintah Pusat. Realisasi itu menurutnya sudah cukup baik karena dalam masa pandemi Covid-19. Investasi DIY terdiri atas sektor industri pengolahan, akomodasi, hotel, makan minum, dan sejenisnya. Pada 2022 DIY dibebani target investasi Rp4,5 triliun.

Agus mengatakan lahan di DIY tergolong sempit sehingga tak begitu banyak peluang investasi. Sementara, tanah adalah aspek utama dalam pengembangan investasi.

 "Kekuatan Jogja adalah budaya, wisata, dan pendidikan," katanya.

Menurutnya ada kenaikan signifikan investasi di Kulonprogo menyusul keberadaan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Pada beberapa tahun mendatang diperkirakan akan banyak investasi yang menyasar kawasan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang saat ini perlahan jalurnya mulai tersambung.

BACA JUGA: Sleman Genap Berusia ke-106 Tahun, Pemkab: Saatnya Berikan Layanan Terbaik bagi Publik

Sebelumnya Gubernur DIY Sri Sultan HB X dalam Welcome Dinner and Cultural Performance G20 Employment Working Group (EWG), Selasa (10/5/2022) mendorong peningkatan iklim investasi di DIY. Sultan mengatakan investasi diarahkan pada kegiatan berwawasan lingkungan, didukung perbaikan iklim investasi, persebaran investasi, insentif, kemudahan investasi, dan promosi terintegrasi.

"Modernisasi terhadap proses perizinan terus dikembangkan untuk meningkatkan kemudahan dan keterbukaan iklim investasi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Pembangunan TPS Sementara Gadingsari di Bantul Jalan Terus, Lahan Masih Dibersihkan

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement