Advertisement

Perempuan Terus Didorong Berperan Dukung Perekonomian

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 18 Mei 2022 - 16:37 WIB
Arief Junianto
Perempuan Terus Didorong Berperan Dukung Perekonomian  Fashion Show Ethnic Culture di Rama Shinta Garden Resto, Candi Prambanan, Selasa (17/5/2022) malam.Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Perempuan diyakini memiliki daya untuk maju dan mendukung pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut juga terus didorong salah satunya melalui gelaran G20 EMPOWER.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengatakan isu perempuan merupakan isu yang kompleks dan multisektoral.

Advertisement

“Di lapangan, perempuan sering dipandang kelas II. Hari ini stigma, marginalisasi, dan stereotipe itu tidak benar. Malam ini perempuan luar biasa, bisa menjadi inspirasi perempuan seluruh dunia,” kata Bintang saat G20 Dinner Reception & Exhibition, di Rama Shinta Garden Resto, Candi Prambanan, Selasa (17/5/2022) malam.

BACA JUGA: Setelah Lebaran, Warga Jogja Makin Ramai Beli Emas

Bintang mengungkapkan banyak perempuan yang tergabung dalam asosiasi pelaku usaha, menunjukan kemampuannya. “Tidak ada yang tidak mungkin untuk perempuan. Mari saling mendukung, saling menginspirasi, saling memotivasi,” ucapnya.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY Herlina Hidayati mengatakan bahwa perempuan masih dianggap second gender.

Melihat pandangan tersebut perlu adanya edukasi, dan pemberdayaan terus menerus. “Agar peran domestik dan peran publik perempuan dapat semakin dimengerti dan dihayati,” ujarnya.

Pemda DIY juga berupaya mendukung berbagai inisiatif, peran perempuan. Salah satunya desa prima, dengan subunsur desa perempuan maju mandiri. Pelibatan perempuan wajib dilakukan di berbagai sektor.

Selain itu juga mendukung berbagai kelompok perempuan seperti Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi), dan Perkumpulan Perempuan Wirausaha (Perwira) dan juga Srikandi Kreatif. “Pemda DIY ingin partisipasi aktif pemberdayaan perempuan,” ujarnya.

BACA JUGA: Ekonomi Pulih, Penjualan Sepeda Motor Malah Drop, Kenapa?

Chairwoman G20 EMPOWER yang juga merupakan Direktur & Chief Strategic Transformation & IT Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengungkapkan gelaran G20 EMPOWER, turut menyoroti peran perempuan dalam keterlibatan ekonomi.

Setidaknya, kata dia, ada tiga hal yang menjadi fokus. Pertama, meningkatkan akuntabilitas perusahaan dalam KPI untuk meningkatkan peran perempuan. Memastikan banyak perempuan di perusahaan dan sektor publik.

“Kedua, mendorong UKM milik perempuan sebagai penggerak ekonomi. Sementara yang ketiga, membangun dan meningkatkan ketahanan dan ketrampilan digital perempuan. Terima kasih juga untuk peran Kadin yang mendukung peran perempuan,” ucap Yessie.

Wakil Ketua Umum Bidang Pemberdayaan Perempuan, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY, Susi Ambarwati mengatakan turut mendukung peran perempuan dan mendorong kesetaraan perempuan.

“Mendorong inklusi ekonomi digital, pemberdayaan wanita. Kesehatan ibu dan anak penerus generasi, memperoleh akses utamanya pedesaan,” ucap Susi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement