Advertisement

PT Kliring Berjangka Indonesia Berkomitmen Beri Ruang untuk Generasi Milenial

Media Digital
Senin, 20 Juni 2022 - 22:47 WIB
Arief Junianto
PT Kliring Berjangka Indonesia Berkomitmen Beri Ruang untuk Generasi Milenial Aktivitas karyawan milenial. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sebagai BUMN, PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) berkomitmen menempatkan generasi milenial sebagai bagian dari perusahaan.

Diketahui, Kementerian BUMN tengah berupaya agar 80% dari total karyawan BUMN adalah kaum milenial. Hingga kini, karyawan milenial di lingkungan BUMN mencapai 65%. Target ini menjadi Key Performance Indicator (KPI) yang dicanangkan dalam program transformasi BUMN, dan terus didorong untuk bisa terealisasi.

Advertisement

Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia, Fajar Wibhiyadi mengatakan saat ini sekitar 75% karyawan PT KBI berasal dari kalangan milenial.

“Kami tentunya sangat mendukung upaya Kementerian BUMN terkait karyawan dari generasi milenial. Kami terus meningkatkan persentase generasi milenial untuk menuju 80 persen," kata dia melalui rilis, Senin (20/6/2022).

Meski begitu, diakui Fajar, KBI tidak terjebak dalam jumlah karyawan milenialnya, tetapi lebih pada soal bagaimana mempersiapkan karyawan generasi milenial ini menjadi talenta-talenta unggul yang memiliki kompetensi.
"Dengan begitu mereka pun siap menjadi leader-leader di masa mendatang," ucap dia.

Berdasarkan data BPS pada 2021, generasi milenial Indonesia mencapai 69,38 juta jiwa, atau 25,87% dari total penduduk Indonesia.

Generasi ini menduduki peringkat kedua, di bawah generasi Z yang lahir pada rentang waktu tahun 1997 – 2021 dengan total sebanyak 74,93 juta atau 27,94% dari total penduduk Indonesia.

Mengacu pada riset yang dilakukan Alvara Research Center, generasi milenial menyimpan potensi besar untuk bisnis.

Dalam kesehariannya, generasi ini memiliki perilaku yang kecanduan Internet, kencenderungan bertransaksi nontunai, berkemampuan multitasking, kerja cepat dan cerdas yang didukung teknologi, serta gemar berwisata.
Namun, di sisi lain ada kelemahan dari generasi milenial, yaitu memiliki  loyalitas yang rendah.

"Dengan berbagai perilaku yang dimiliki generasi milenial, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi KBI dalam pengembangan sumber daya manusia [SDM]," ucap Fajar.

Itulah sebabnya itu pengembangan SDM tidak hanya dilakukan untuk hard skill, tetapi juga dari sisi soft skill.

Selain itu, penyiapan tempat kerja serta berbagai sarana pendukungnya juga disiapkan untuk mendukung kebiasaan dan gaya hidup para milenial. Untuk itu, ruang kerja dibuat lebih terbuka, dan juga disiapkan ruangan yang memungkinkan karyawan bisa bekerja dengan nyaman.

“Harapan kami, ke depan generasi milenial yang saat ini ada di KBI, akan mampu mengambil tongkat estafet kepemimpinan di korporasi. Apalagi dengan adanya regulasi baru bahwa yang menjadi direksi tidak harus pensiun, tentunya ini menjadi peluang besar bagi generasi milenial KBI untuk menduduki pucuk pimpinan di korporasi," ucap Fajar.

Saat ini di KBI terdapat lima Kepala Divisi, di mana empat di antaranya merupakan generasi milenial yang setiap saat bisa menduduki level pimpinan.

Prestasi
Keberhasilan KBI dalam memaksimalkan talenta-talenta milenial tercermin dalam kinerja korporasi.

Pada 2021, KBI berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp101,6 miliar, atau mengalami peningkatan 53% dibandingkan 2020 dengan laba bersih sebesar Rp66,4 miliar.

Sementara dari sisi pendapatan, pada 2021, KBI berhasil membukukan pendapatan operasional sebesar Rp189,5 miliar, sedangkan pada 2020 pendapatan operasional yang diperoleh mencapai Rp170 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Api Prameks Jogja-Kutoarjo Sabtu 27 April 2024

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 04:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement