Advertisement

2023 Menjadi Tahun Recovery bagi Astra Motor Yogyakarta

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 31 Januari 2023 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
2023 Menjadi Tahun Recovery bagi Astra Motor Yogyakarta Pemimpin Redaksi Harian Jogja Anton Wahyu Prihartono (tengah) menerima kunjungan dari tim Astra Motor Yogyakarta di Griya Harian Jogja, Selasa (31/1/2023). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tahun 2023 menjadi tahun recovery atau pemulihan bagi bisnis motor di Jogja, salah satunya Honda. Dengan dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah, diharapkan sektor ini kembali normal. 

Hal tersebut disampaikan oleh Region Head Astra Motor Yogyakarta, Ronny Agustinus saat berkunjung ke Griya Harian Jogja, Selasa (31/1/2023) pagi. Dalam kunjungannya, Ronny juga didampingi Marketing Manager Astra Motor Yogyakarta Thomas Pradu Eka Putra, Corporate Communication Analyst Astra Motor Yogyakarta Christa Adhi Dharma, dan Secretary Astra Motor Yogyakarta Regina Novega DM. 

Advertisement

Ronny mengakui penjualan motor Honda di Astra Motor Yogyakarta selaku main dealer motor Honda di wilayah Jogja, kedu dan Banyumas mengalami penurunan selama pandemi Covid-19. Dari yang biasanya mencatat angka puluhan ribu unit per tahun, penjualan motor hanya di kisaran 6.000 unit. 

"Namun kita bisa belajar banyak dari pandemi. Belajar bahwa bisnis yang besar sekalipun tetap bisa turun," kata Ronny. 

Meski demikian, Pandemi Covid-19 telah berhasil melahirkan sistem layanan baru berbasis digital. Kini customer sudah dapat menikmati beragam fitur layanan berbasis smart network yang bisa dilayani secara online. Hal ini juga untuk mendukung literasi digital yang sedang digencarkan pemerintah saat ini. 

Baca juga: Bos BRI Ungkap Laba Bank di Atas Rp40 Triliun

"Jogja literasi digitalnya bagus, maka ini menjadi fokus kita [untuk mengembangkan layanan berbasis digital]," kata Ronny. 

Selain itu, untuk memulihkan penjualan 2023, Astra Motor Yogyakarta juga terus menjalin jaringan dan kolaborasi bersama insan media, baik cetak maupun online. Dengan kekuatan kolaborasi ini diharapkan bisa menjangkau pelanggan dari semua segmen. 

Menyinggung jenis sepeda motor yang paling laris di Honda, hingga saat ini motor matik masih mendominasi penjualan. "Saat ini 90 persen matik [yang terjual]," tutur Ronny. 

Untuk kelas matik, Honda Beat menduduki angka penjualan 40% dan diikuti oleh Scoopy. Meski motor matik paling diminati, motor bebek seperti Supra juga masih memiliki pasar yakni sebesar 5%. 

"Dulu di awal 2007, memang ada anggapan matik kalah bertenaga dari motor bebek. Tapi seiring berjalannya waktu, banyak teknologi yang disematkan [di motor matik] jadi buat nanjak [matik] tetap enteng," kata Ronny. 

Kunjungan Honda

Kunjungan tim Astra Motor Yogyakarta ke Griya Harian Jogja./Harian Jogja-Bernadheta Dian Saraswati 

Saat ini, Astra Motor Yogyakarta mulai bersiap dengan penjualan menjelang Lebaran. Berbagai cara dilakukan agar customer tidak mengalami waktu pemesanan atau indent yang lama. "Kami prediksikan peak-nya [penjualan] di Maret. Kalau indent paling masalah warna saja, tapi overall semua sudah siap," kata Thomas. 

Sementara itu Pemimpin Redaksi Harian Jogja Anton Wahyu Prihartono menyambut baik kunjungan tim Astra Motor Yogyakarta. Anton mengajak untuk saling bersinergi membangun optimisme bahwa ekonomi Jogja akan kembali bangkit pasca pandemi Covid-19 ini. 

Ia juga menyoroti, selama ini Astra Motor Yogyakarta juga telah memberikan perhatian serius kepada insan pers di Jogja. Hal tersebut terbukti dari adanya layanan servis gratis setiap tahun. "Servis ini bukti konkrit bahwa Honda ikut mementingkan jurnalisme," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jumlah Pendaftar PPS di Gunungkidul Tidak Mencapai Target, KPU Memperpanjang Pendaftaran

Gunungkidul
| Kamis, 09 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement