Advertisement

Sah! Harga Mobil LCGC Segera Naik 5%

Widya Islamiati
Selasa, 21 Februari 2023 - 21:27 WIB
Arief Junianto
Sah! Harga Mobil LCGC Segera Naik 5% Ilustrasi. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Dalam waktu dekat, harga mobil murah dan hemat energi atau low cost green car (LCGC) naik sebesar 5%.

Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, membenarkan patokan harga mobil murah dan hemat energi (LCGC) akan dinaikkan sebesar 5% dalam waktu dekat. "Oleh sebab itu saya umumkan ancar-ancar penyesuaian [harga] LCGC lima persen," kata Agus di Karawang, Jawa Barat, Selasa (21/2/2023).

Advertisement

Sebelumnya, harga LCGC teranyar diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) No.36/2021 tentang Kendaraan Bermotor Roda Empat Emisi Karbon Rendah.

Berdasarkan beleid tersebut, harga jual paling tinggi untuk LCGC ialah Rp135 juta berdasarkan lokasi kantor pusat agen pemegang merek.

BACA JUGA: Deretan Mobil dengan Harga Rp100 Jutaan

Angka tersebut, menurut Agus rencananya, kemudian akan dinaikan sebesar 5% menjadi sekitar Rp141 juta.

Adapun soal realisasinya, kata Agus, masih menunggu pengesahan melalui Permenperin selanjutnya.

Menurut Agus, sebagai pemangku kebijakan, sudah seharusnya pihaknya menaikkan patokan harga LCGC atau Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2). Pasalnya, biaya produksi kini sudah semakin meningkat.

"Bahasanya bukan naikin harga, penyesuaian. Kami paham cost of production seperti bahan baku pasti ada kenaikan, logistic cost pasti ada penyesuaian," ujarnya.

Agus juga menuturkan, penyesuaian ini sudah memperhatikan berbagai indikator termasuk daya beli masyarakat dan mempertimbangkan inflasi.

Agus berharap, penyesuaian tersebut dapat menarik minat pelaku industri otomotif untuk melakukan inovasi dalam produk-produk ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bawaslu Bantul Imbau Kepala Daerah Tidak Mutasi ASN Jelang Pilkada

Bantul
| Sabtu, 30 Maret 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Berkeliling di Segarnya Taman Tengah Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 30 Maret 2024, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement