Advertisement

Unik! Bank Ini Cuma Punya Dua Karyawan, Tanpa Biaya Transaksi

Lajeng Padmaratri
Kamis, 11 Mei 2023 - 12:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik! Bank Ini Cuma Punya Dua Karyawan, Tanpa Biaya Transaksi Kentland Federal Savings & Loan menjadi bank terkecil di Amerika. - Bloomberg

Advertisement

Harianjogja.com, KENTLAND—Dengan aset hanya $3 juta atau sekitar Rp44 juta, sebuah bank di Indiana, Amerika Serikat menjadi bank terkecil di dunia. Uniknya, bank itu sudah berdiri lebih dari 100 tahun.

Melansir Oddity Central, bank bernama Kentland Federal Savings and Loan itu hanya punya dua karyawan. Operasionalnya bahkan tidak seperti perusahaan bank saat ini, yaitu tanpa ATM, tanpa situs web, bahkan tanpa biaya transaksi.

Advertisement

Anda kemungkinan besar pernah mendengar tentang raksasa perbankan Amerika, mulai dari JPMorgan Chase, Morgan Stanley, Citigroup, Wells Fargo, dan Bank of America. Di ujung yang berlawanan, Kentland Federal Savings and Loan secara resmi bank terkecil di Amerika Serikat.

Bank ini didirikan pada tahun 1920, oleh kakek buyut dari CEO-nya saat ini. Hingga saat ini, lembaga keuangan kecil ini hanya memiliki satu cabang di Kentland, Indiana, dan hanya menawarkan tiga layanan, yaitu memperoleh hipotek rumah, membuka rekening tabungan, dan membuka sertifikat deposito.

"Kami adalah satu-satunya institusi yang tidak tutup selama bencana bursa di akhir 1920-an. Orang-orang merasa aman bahwa uang mereka tidak ke mana-mana," kata CEO James A. Sammons kepada Bloomberg.

Tapi iklim perbankan di Amerika telah berubah dalam satu abad terakhir, jadi Kentland Federal Savings and Loan seperti tertahan di masa lalu. Baik CEO Sammons maupun teller paruh waktunya tidak menyukai teknologi dan lebih suka menggunakan perangkat mekanis seperti mesin pengkodean tradisional untuk menulis cek. Ini adalah salah satu alasan Sammons percaya bahwa caranya berbisnis mungkin berakhir dengan dirinya.

“Saat saya selesai, apakah regulator menekan kami untuk diserap atau saya pergi, kami harus diakuisisi,” kata CEO berusia 55 tahun itu.

Alasan lain yang diperkirakan terkait kematian Kentland Federal Savings and Loan yang akan datang adalah kecilnya margin keuntungan yang dipraktikkan oleh bank terkecil di Amerika itu. Ini telah berhasil mengalahkan persaingan lokal dengan tarif yang sedikit lebih baik pada rekening tabungan dan hipotek, tetapi ini adalah satu-satunya sumber pendapatan, karena bank tidak memiliki biaya ATM, dan tidak ada biaya transaksi apapun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ratusan Pelajar SMP Jalani Tes Identifikasi Bakat Cabor Atletik di Stadion Tridadi

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement