Advertisement

Kinerja Perbankan DIY Tumbuh, Syariah Jadi PR

Bernadheta Dian Saraswati
Minggu, 28 Mei 2023 - 10:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Kinerja Perbankan DIY Tumbuh, Syariah Jadi PR Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY Parjiman menjelaskan perkembangan kinerja lembaga jasa keuangan DIY di restoran Kampoeng Pasir, Balikpapan, Kalimantan Timur, belum lama ini

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kinerja perbankan di DIY secara umum berada dalam kondisi yang baik. Aset dan kredit UMKM mengalami pertumbuhan hingga triwulan 1 2023. Meski demikian, layanan bank syariah masih menjadi pekerjaan rumah (PR) besar.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY Parjiman mengatakan terjadi pertumbuhan kredit UMKM jika dilihat secara year on year (yoy) dari Februari 2023 ke Maret 2023. Pada Februari 2023, kredit UMKM Rp25,895 triliun dan Maret meningkat menjadi Rp26,855 triliun.

Advertisement

BACA JUGA: Duh, Jumlah BPR Susut 15 Bank dalam 3 Bulan

Sementara dari sisi aset perbankan juga mengalami peningkatan dari Rp100,929 triliun pada Februari 2023 menjadi Rp101,241 triliun pada Maret 2023.

Rasio Non Performarming Loan (NPL) atau angka kredit macet juga mengalami perbaikan kualitas yaitu dari sebesar 3,74% pada Februari 2023 turun menjadi 3,64 % pada Maret 2023. Begitu juga untuk Loan Deposit Ratio (LDR) Maret 2023 63,81% mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan bulan Februari 2023 (63,03%).

Meski kondisi perbankan di DIY menunjukkan kondisi yang baik namun untuk segmen syariah masih menjadi PR besar. Jika dibandingkan dengan bank umum, akses masyarakat terhadap produk-produk syariah masih minim.

Menurut Parjiman, hal itu karena perbankan syariah belum memberikan layanan atau produk yang berbeda dan yang lebih mudah dari bank umum. Seperti produk m-banking atau e-banking yang belum menyajikan fiture-fiture menarik dan lebih mudah.

BACA JUGA: Masyarakat Harus Lebih Berani Menabung di Bank

"Maka OJK bersama Komite Nasional Keuangan Ekonomi Syariah, Masyarakat Ekonomi Syariah, dan Ikatan Ahli Ekonomi Syariah, membuat program bersama untuk melakukan literasi pada masyarakat," katanya saat menggelar Media Gathering bersama wartawan DIY di Balikpapan, belum lama ini.

Tidak hanya itu, pada 2023 ini OJK juga bekerja sama dengan Forum Studi Komunikasi Islam untuk membuat duta literasi syariah. Para calon duta ini diberikan training lalu diterjunkan ke masyarakat. "Diturunkan seperti ke masjid, pondok pesantren untuk memberikan literasi seputar perbankan syariah," katanya.

Namun kesadaran untuk mengakses layanan perbankan syariah menurutnya perlu dimulai dari diri sendiri. "Jangan hanya jadi penonton tetapi pemain," tegas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kabupaten Sleman Prioritaskan Pembangunan Pertanian

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement