Advertisement

Bank BPD DIY Tandatangani Perjanjian Induk Repo

Media Digital
Senin, 29 Mei 2023 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Bank BPD DIY Tandatangani Perjanjian Induk Repo Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti saat memberikan sambutan dalam acara penandatanganan perjanjian induk repo di Jakarta, Senin (29/5/2023). - Istimewa

Advertisement

JAKARTA—Bank BPD DIY bersama sejumlah bank nasional menandatangani perjanjian induk Repurchase Agreement (Repo) bersama Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan 76 entitas perbankan di Indonesia. Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad di Jakarta, Senin (29/5/2023).

Transaksi repo merupakan perjanjian pinjaman dana dengan jaminan berupa Surat Berharga Negara (SBN). Penandatanganan tersebut merupakan langkah untuk mengembangkan pasar repo khususnya dalam memperluas jumlah pelaku repo perbankan.

Advertisement

Sebelumnya, Bank Indonesia telah melakukan serangkaian survei pemetaan minat adopsi perjanjian repo oleh perbankan.

Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad sangat mendukung penandatanganan perjanjian tersebut.

Menurutnya, melalui perjanjian ini Bank BPD DIY dapat memperluas jaringan antarbank dalam melakukan transaksi repo guna pengelolaan likuiditas serta meningkatkan pendapatan dari sisi ketrisurian.

“Kami juga berharap melalui perjanjian ini Bank BPD DIY bisa mendukung dan memperkuat aktivitas serta memperluas jaringan pasar repo sekaligus mendorong perkembangan pasar uang dan pasar sekunder SBN yang menjadi agunan transaksi repo” ungkapnya

Perbankan dapat memanfaatkan transaksi repo untuk pengelolaan likuiditas, bridging finance serta meningkatkan pendapatan.

Berdasarkan data BI, jumlah bank pelaku repo hingga Mei 2023 tercatat sebanyak 50 bank. Secara rata-rata terdapat 35 bank yang melakukan transaksi repo setiap bulannya dan terus meningkat dibandingkan rata-rata pelaku selama tiga tahun terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mantan Rektor UNY dan Bupati Gunungkidul Bersaing Dapatkan Dukungan Partai di Pilkada

Gunungkidul
| Jum'at, 19 April 2024, 19:12 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement