Advertisement

REI Jaga Stabilitas Bisnis Properti di Tengah Isu Resesi Global dan Tahun Politik

Afiffah Rahmah Nurdifa
Minggu, 11 Juni 2023 - 22:27 WIB
Abdul Hamied Razak
REI Jaga Stabilitas Bisnis Properti di Tengah Isu Resesi Global dan Tahun Politik Ilustrasi bisnis properti tahun politik. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) mengaku banyak pengembang properti yang kini menajamkan manajemen risiko guna memperkuat bisnis di tengah isu resesi global dan perubahan pasar di tahun politik. 

Sekretaris Jenderal REI Hari Ganie mengatakan resesi global tak sedikit berdampak pada suplai dan deman atau permintaan pasar. Menurutnya, pengembang dengan reputasi teruji yang dapat tetap eksis dalam situasi ini. 

Advertisement

BACA JUGA: Kementerian PUPR: 250.000 Rumah Masyarakat Peroleh Bantuan NAHP Bank Dunia

"Pengembang properti yang teruji ini membuat berbagai strategi supaya mereka survive dan produknya bisa diserap pasar. Sehingga, mereka tidak terancam dengan masalah dampak dari perubahan poitik dan ekonomi, itu yang tidak terkontrol, siapapun bisa kena," kata Hari, dikutip Minggu (11/6/2023). 

Adapun, Hari menjelaskan strategi pengembang terutama dalam melakukan manajemen risiko yang dapat mempertahankan keberlanjutan bisnis properti. Salah satu manajemen risiko yang gencar dilakukan adalah fokus pada pengembangan proyek landed house atau rumah tapak. 

Menurutnya, semua pengembang properti saat ini tak ada yang berani membangun apartemen karena pasar hunian vertikal itu masih belum pulih pascapandemi. 

Berdasarkan data Colliers Indonesia, total pasokan apartemen strata-title pada kuartal pertama 2023 tercatat sebanyak 223.825 unit, dengan peningkatan pasokan secara kuartalan sebesar 1,5% dan peningkatan secara tahunan sebesar 2%. 

BACA JUGA: Harga Rumah Diprediksi Kian Mahal di 2023, Ini Kisaran Kenaikannya

Sementara itu, dari sisi permintaan sudah ada sekitar 486 unit apartemen yang terserap pada kuartal I/2023 atau 35% dari total permintaan di tahun sebelumnya. "Gak ada yang berani bangun apartemen, kecuali yang proyeknya sudah dari sebelum COVID-19 sudah terlanjur pinjam duit bank harus segera di launching," ujarnya. 

Di sisi lain, Hari juga menyampaikan pengembang tidak akan melakukan ekspansi berupa pembelian tanah baru, sebab masih memiliki land bank yang cukup untuk dikembangkan. 

"Pengembang serkarang punya land bank yang cukup, memanfaatkan land bank yang ada atau unit-unit tersisa di beberapa kluster di beberapa kawasan, mereka fokus mereka package dijual lagi dengan sistem yang berbeda," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Terbaru! Jadwal KRL Jogja-Solo Minggu 19 Mei 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Minggu, 19 Mei 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement