Advertisement

Asyik! Pelanggan Listrik Kini Bisa Cek Pemakaian Realtime

Anisatul Umah
Senin, 12 Juni 2023 - 17:17 WIB
Arief Junianto
Asyik! Pelanggan Listrik Kini Bisa Cek Pemakaian Realtime Ilustrasi pemasangan smart meter AMI. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT PLN mulai menerapkan inovasi layanan kelistrikan dalam bentuk smart meter Advanced Metering Infrastructure (AMI). Melalui inovasi ini pelanggan bisa membaca data meter secara realtime.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan AMI merupakan alat pengukur penggunaan listrik yang dilengkapi dengan fitur komunikasi dua arah untuk penyediaan informasi yang komprehensif.

Advertisement

Dengan begitu PLN dan pelanggan bisa mengontrol secara realtime. AMI, kata Darmawan, merupakan pengembangan dari Automatic Meter Reading (AMR), pembacaan meter otomatis dengan tambahan kemampuan penerapan tarif secara dinamis dan interkoneksi.

"Penerapan smart meter berbasis AMI memiliki manfaat seperti pembacaan data meter secara realtime dan dilakukan dari jarak jauh sehingga tidak diperlukan lagi pembacaan meter ke lokasi," ucap Darmawan, Senin (12/6/2023).

BACA JUGA: Gunakan Listrik Aliran Atas, Kereta Cepat Jakarta Bandung Diklaim Ramah Lingkungan

Melalui sistem ini pelanggan bisa mengetahui profil penggunaan energi listrik sekaligus tagihan listrik berjalan. Selain itu, pelanggan juga bisa menghitung energi listrik secara mandiri lewat aplikasi PLN Mobile.

Lebih lanjut, kata Darmawan, inovasi ini juga bisa menghemat penggunaan energi, dan menekan biaya operasional perusahaan untuk pengecekan meter secara langsung.

Dia mencontohkan di Austria penerapan AMI mampu menghemat energi hingga 55% dan menghemat biaya operasional hingga 19%. "Sementara di Belanda mampu menghemat 15 persen energi, dan menekan biaya operasional hingga 15 persen juga. Infrastruktur AMI membawa manfaat yang besar."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jumlah Pendaftar PPS di Gunungkidul Tidak Mencapai Target, KPU Memperpanjang Pendaftaran

Gunungkidul
| Kamis, 09 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement