Advertisement

5 Pabrik Tekstil Bakal Tutup, 12.000 Karyawan Terancam Di-PHK

Widya Islamiati
Kamis, 22 Juni 2023 - 19:47 WIB
Arief Junianto
5 Pabrik Tekstil Bakal Tutup, 12.000 Karyawan Terancam Di-PHK Industri tekstil. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pelaku industri tekstil mengaku produk impor semakin deras sehingga mengancam keberlangsungan usaha dan menjamurnya pemutusan hubungan kerja (PHK) secara massal.  

Bahkan, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mengklaim utilitas pabrik kini rata-rata hanya sekitar 50% yang memaksa para pelaku industri melakukan berbagai efisiensi, termasuk pemangkasan jumlah pekerja.   

Advertisement

API memproyeksikan akan terjadi gelombang PHK pada kuartal III/2023. Asosiasi memperkirakan sebanyak 12.000 pekerja bakal kehilangan pekerjaan dari sektor tekstil.

Sekretaris API, Danang Girindrawardana menuturkan sebanyak 12.000 pekerja tersebut berasal dari perusahaan-perusahaan di sektor hulu dan hilir industri tekstil dan produk tekstil (TPT). “Sebanyak 12.000 itu potensi yang bisa terjadi di sektor hulu dan hilir TPT,” tutur Danang, Rabu (21/6/2023).   

BACA JUGA: Uber PHK 200 Karyawannya 

Dia menjelaskan jumlah PHK itu berasal dari lima pabrik yang bakal menutup usaha. Sayangnya, dia tidak membeberkan identitas kelima perusahaan yang berpotensi memangkas karyawannya pada kuartal III/2023 tersebut.   

Berdasarkan data Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), sebagai salah satu mata rantai industri tekstil, pabrik garmen telah memangkas 79.316 pekerja sepanjang periode Januari sampai awal November 2022.  

Lebih lanjut Danang menjelaskan, API melihat adanya potensi badai PHK di kuartal III/2023 ini terjadi jika permintaan dari pasar domestik masih anjlok disebabkan oleh banjir impor dari luar negeri hingga empat bulan ke depan.  

Terlebih, menurutnya, pemerintah dalam belum memiliki inisiatif kebijakan memproteksi pasar domestik. “Jika selama hari ini sampai empat bulan ke depan, barang barang TPT dan garmen dari luar terus menerus membanjiri pasar domestik, tanpa kontrol dari pemerintah dan penegak hukum,” tambah Danang.   

Senada, Ketua Umum API, Jemmy Kartiwa Sastraatmadja menuturkan sebanyak 70% hasil produksi industri TPT dalam negeri akan dipasarkan di pasar domestik.

Dengan begitu banjir impor ini cukup membuat sektor tekstil terpuruk. “Apalagi saat ini industri TPT juga tidak dapat berharap banyak pada permintaan luar negeri, akibat perekonomian negara tujuan sektor tekstil seperti Amerika Serikat dan Eropa yang masih terpuruk imbas perang Rusia-Ukraina.”

Sumber: Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Bantul
| Senin, 06 Mei 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement