Advertisement

OJK Bagikan Tips Cara Mengatur Keuangan untuk Kurban

Pernita Hestin Untari
Minggu, 25 Juni 2023 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
OJK Bagikan Tips Cara Mengatur Keuangan untuk Kurban Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung memasangkan eartag atau tanda pengenal pada telinga hewan ternak sapi yang telah disuntik vaksin untuk pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) di kandang peternakan sapi di kawasan Babakan Ciparay, Bandung, Jawa Barat, Senin (27/6/2022). Bisnis - Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tidak hanya Idulfitri, momentum Iduladha juga dimanfaatkan umat muslim untuk menyisihkan pendapatannya untuk berkurban. Mengatur keuangan pun perlu dilakukan agar dapat berkurban dengan tepat. 

Pemerintah menetapkan Indonesia merayakan hari raya Iduladha pada 29 Juni mendatang. Sedangkan sebagian masyarakat dalam naungan organisasi Muhammadiyah menyelenggarakan Iduladha pada 28 Juni 2023.

Advertisement

Dalam perayaan keagamaan ini, tidak sedikit umat muslim yang ingin menyisihkan pendapatan untuk berkurban. Melalui Instagram dikutip, Minggu (25/6/2023) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun membagikan tips  mengatur keuangan untuk berkurban. 

Pertama-tama harus memiliki niat berkurban. Pasalnya untuk mempersiapkan dana kurban perlu perencanaan keuangan yang benar, sehingga persiapkan dari jauh hari. 

Persiapkan sumber dana yang bisa diambil dari hasil tabungan Anda. Apabila belum mencukupi Anda dapat memangkas biaya konsumtif atau mencari tambahan penghasilan. Kemudian buat pos tabungan khusus untuk berkurban sehingga setiap bulannya dana tersebut dapat bisa langsung Anda sisihkan di awal, misalnya saja menabung melalui Tabungan Kurban. 

Baca juga: Pernah Melanggar Izin Keimigrasian Arab Saudi, 5 Calon Haji Dipulangkan ke Indonesia

Adapun Tabungan Kurban merupakan produk simpanan dari Perbankan Syariah untuk membantu nasabah mewujudkan rencana ibadah kurban saat Hari Raya Iduladha. Melalui tabungan ini, Anda bisa melatih konsistensi dalam mengumpulkan dana untuk berkurban. 

Selain itu dengan mengalokasikan anggaran kurban secara khusus membantu Anda untuk tidak tergoda menggunakan dana untuk keperluan lain. Cara ini efektif bagi Anda yang masih kesulitan dan belum terbiasa mengatur keuangan. 

Terakhir, apabila dana sudah terkumpul, cari informasi harga kurban dan tentukan harga yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecelakaan, Sekolah di Bantul yang Ingin Study Tour Harus Izin ke Disdikpora

Bantul
| Selasa, 14 Mei 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement