Advertisement

LPS Ingatkan Perusahaan Asuransi Segera Perbaiki Praktik Polis

Galih Eko Kurniawan
Selasa, 04 Juli 2023 - 14:47 WIB
Galih Eko Kurniawan
LPS Ingatkan Perusahaan Asuransi Segera Perbaiki Praktik Polis Ilustrasi asuransi. - orixinsurance.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Lembaga Penjamin Simpanan mengingatkan perusahaan asuransi untuk mulai merapikan praktiknya secara umum sebelum 2028 karena pada tahun itu LPS masuk sebagai penyelenggara penjaminan polis.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa menambahkan ketugasan baru LPS yang ikut mengurusi asuransi sesuai dengan amanat Undang-Undang No.4/2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan.

Advertisement

Menuju ke 2028, dia menyebut perusahan-perusahaan asuransi yang sekarang ini tergolong bermasalah perlu menertibkan kinerja agar ketika sudah masuk ke LPS, perusahaan-perusahaan itu sudah rapi.

“Nanti kami [LPS] akan melibatkan OJK [Otoritas Jasa Keuangan] untuk merapikan perusahaan-perusahaan asuransi itu. Termasuk bagaimana asuransi memenuhi persyaratan untuk bisa masuk LPS,” tuturnya di Istora Senayan Jakarta, Minggu (2/7/2023).

Perbaikan praktik asuransi yang dilakukan perusahaan dalam negeri perlu dilakukan agar tidak kalah bersaing dengan perusahaan asuransi dari luar negeri, yang sekarang sudah menjamur di Tanah Air.

Dalam penyelenggaraan program penjaminan polis (PPP) yang mulai dilakukan LPS pada 2028, setiap perusahaan asuransi diwajibkan menjadi peserta penjaminan polis selama memenui persyaratan tingkat kesehatan tertentu.

Fungsi LPS berdasarkan UU PPSK yakni menjamin simpanan, menjamin polis, turut aktif memelihara stabilitas sistem keuangan, meresolusi bank juga likuidasi perusahaan asuransi serta menyelesaikan permasalahan perusahaan asuransi dan perusahaan asuransi syariah yang
dicabut izin usahanya oleh OJK. (Galih Eko Kurniawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

YIA Jadi Satu-satunya Bandara Internasional di DIY dan Jateng, Bantul Bakal Diserbu Turis Asing

Bantul
| Minggu, 05 Mei 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement