Advertisement

Mobil Listrik Subsidi Mulai Populer, PLN Catat Ada Sekitar 7 SPKLU di DIY

Anisatul Umah
Rabu, 02 Agustus 2023 - 17:27 WIB
Maya Herawati
Mobil Listrik Subsidi Mulai Populer, PLN Catat Ada Sekitar 7 SPKLU di DIY Kendaraan listrik / Ilustrasi freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tren perbincangan mengenai mobil listrik subsidi mulai naik. Pemakaian mobil listrik pun beranjak populer. Menyiapkan ekosistem untuk pengisian baterai mobil listrik, Humas PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta, Rina Wijayanti menyampaikan kurang lebih ada tujuh Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di DIY.

Tujuh itu terdiri dari, SPKLU di kantor PLN tiga unit, PLN Wates dua dan PLN Wonosari satu. Kemudian SPKLU di daerah wisata berada di Candi Prambanan, di Istana Kepresidenan satu unit namun tidak untuk umum, dan Dealer Hyundai dua unit.

Advertisement

"SPKLU nya [di PLN] itu tiga, Wates sama Wonosari. Wates dua, Wonosari satu, Borobudur satu, Prambanan satu, di Dealer Hyundai dua, dan Istana Kepresidenan satu," ucapnya, Rabu (2/8/2023).

Sementara terkait rencana penambahan SPKLU dia mengaku belum ada data. Dan akan segera memberikan info jika sudah ada data.

BACA JUGA: Begini Progres Jogja Planning Gallery, Calon Ikon Baru Malioboro Jogja

Menurutnya sebagian pelanggan PLN yang memiliki kendaraan listrik memilih menggunakan layanan home charging. Apalagi sekarang ini pemerintah gencar menggelorakan mobil listrik subsidi. Untuk pemanfaatan home charging ada diskon tarif sebesar 30% untuk pengisian daya mobil listrik pada pukul 22.00 - 05.00.

"[Home charging] tidak bisa buat patokan yang punya mobil listrik berapa, yang punya mobil terintegrasi dengan PLN 33 pelanggan sampai Juli ini," katanya.

Sebelumnya, PT PLN (Persero) mencatat sampai dengan semester I 2023 jumlah pelanggan yang menggunakan layanan home charging mencapai 1.933 pelanggan atau naik 119,4% dari total 881 pelanggan di 2022.

Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo mengatakan peningkatan realisasi home charging mengindikasikan minat masyarakat menggunakan kendaraan listrik semakin tinggi.

Sepanjang semester I 2023, kata Darmawan, jumlah pengguna home charging terus meningkat. Tercatat sepanjang Januari-Juni 2023 sebanyak 1.052 pelanggan sudah memasang home charging services.

"Dengan tumbuhnya pelanggan yang menggunakan home charging ini menjadi sinyal positif pertumbuhan kendaraan listrik [terlebih lagi rencana mobil listrik subsidi] di Indonesia. Pelanggan kini semakin aware terhadap manfaatnya menggunakan kendaraan listrik," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disuguhkan Pesona Merapi, Ribuan Pelari Ramaikan Nusantara TV Volcano Run by Ambarukmo 2024

Sleman
| Minggu, 12 Mei 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement