Advertisement

Perekonomian Nasional Kuartal II/2023 Bertumbuh, BPS RI: Mudik Salah Satu Penyebabnya

Newswire
Senin, 07 Agustus 2023 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Perekonomian Nasional Kuartal II/2023 Bertumbuh, BPS RI: Mudik Salah Satu Penyebabnya Pertumbuhan ekonomi ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik Badan Pusat Statistik (BPS), Moh Edy Mahmud mengatakan mudik turut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II/2023 sebesar 1,5%.

Hal itu berdasarkan analisis dampak keterkaitan dan pengganda atau Multiplier Input-Output Analysis yang dilakukan BPS. “Bahwa BPS pernah mengkaji dalam menghitung dampak mudik Lebaran menggunakan namanya analisis multiplier input-output ini, dampaknya itu terhadap pertumbuhan ekonomi sekitar 1,5 persen,” kata Edy, Senin (7/8/2023).

Adapun BPS hari ini, Senin, mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II/2023 berada pada level 5,17% secara tahunan (yoy). Sedangkan, secara kuartalan (qtq) mengalami kenaikan sebesar 3,86% apabila dibandingkan dengan kuartal I/2023.

Advertisement

Edy mengatakan, periode libur Lebaran menjadi salah satu faktor yang sangat berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal itu tercermin dari sektor transportasi yang tumbuh solid di level 15,28% seiring peningkatan mobilitas masyarakat pascapandemi Covid-19.

Pertumbuhan tersebut didukung oleh angkutan udara yang tumbuh 32,88% seiring peningkatan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara, angkutan laut yang tumbuh 18,26% didorong oleh peningkatan jumlah penumpang dan barang, serta angkutan rel yang tumbuh 19,40% sejalan dengan peningkatan mobilitas setelah penghapusan PPKM di akhir 2022 dan momen liburan.

“Ini didorong oleh peningkatan jumlah penumpang dan barang sejalan dengan peningkatan mobilitas setelah penghapusan PPKM di akhir tahun 2022 dan momen liburan. Banyak sekali momen liburan di tahun ini di triwulan II terutama pas libur lebaran dan sekolah,” ujar Edy.

BACA JUGA: Kuartal II, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Melaju

Selain itu, konsumsi rumah tangga juga menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2023 dengan nilai kontribusi 2,77.

Edy menjelaskan, dari segi Produk Domestik Bruto (PDB), sektor konsumsi rumah tangga terus tumbuh positif mencapai 5,23 persen (yoy) jika dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Pertumbuhan itu didorong oleh perayaan hari besar keagamaan seperti Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, kemudian juga dipengaruhi oleh pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji ke-13.

Kelompok konsumsi rumah tangga yang juga tumbuh tinggi antara lain Transportasi dan Komunikasi, Pakaian, Alas Kaki dan Jasa Perawatannya, serta restoran dan hotel. “Dorongan konsumsi rumah tangga tercermin dari peningkatan mobilitas masyarakat selama periode libur hari besar keagamaan dan libur sekolah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hore! PT KCI Buka Peluang KRL Jogja-Solo Bisa Sampai Madiun

Jogja
| Sabtu, 04 Mei 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement