Advertisement

Bakti BUMN Hadir di Desa Jatimulyo Kulonprogo, 10 Milenial BUMN Seluruh Indonesia Nginap di Homestay Warga

Media Digital
Jum'at, 18 Agustus 2023 - 15:37 WIB
Sunartono
Bakti BUMN Hadir di Desa Jatimulyo Kulonprogo, 10 Milenial BUMN Seluruh Indonesia Nginap di Homestay Warga Bakti BUMN Hadir di Desa Jatimulyo Kulonprogo, 10 Milenial BUMN Seluruh Indonesia Nginap di Homestay Warga. - Istimewa.

Advertisement

KULONPROGO—Kementerian BUMN berkolaborasi bersama PT PLN (Persero) kembali luncurkan program Relawan Bakti BUMN yang bertajuk "Desa Berdaya Jatimulyo Kulonprogo DIY". Sepuluh Relawan yang berasal dari berbagai Perusahaan BUMN dari seluruh Indonesia  terjun langsung di lokasi untuk menyukseskan program ini.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 15 - 17 Agustus 2023 ini memiliki 3 pilar program utama yaitu meningkatkan kesadaran lingkungan, mempromosikan potensi ekonomi masyarakat setempat, dan meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di Desa Jatimulyo. Desa Jatimulyo sendiri dipilih karena merupakan Desa yang memiliki potensi luar biasa jika dikembangkan secara optimal.

Advertisement

BACA JUGA : Penerapan Aturan WFH di BUMN Tengah Dikaji

Vice President Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero), Agus Yuswanta Pratama Putra yang hadir pada kesempatan itu menyampaikan program ini telah dilaksanakan di seluruh indonesia. Diinisiasi oleh Kementerian BUMN serta telah memasuki Batch IV untuk lokasi kegiatan di Kulonprogo. Ia menambahkan Lokasi Desa Jatimulyo ini dipilih karena Desa ini memiliki potensi luar biasa jika dikembangkan secara optimal.

"Di desa ini terdapat Ekowisata Sungai Mudal, Mitra Binaan TJSL PLN Peduli yang telah viral di tingkat nasional. Wisata ini dapat menjadi mercusuar untuk menarik potensi lain di Desa Jatimulyo ini termasuk salah satunya pengembangan UMKM. Maka program peningkatan UMKM juga menjadi program Desa Berdaya ini yaitu Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk, mengadakan bazar makanan/pasar UMKM, memposting/mempromosikan produk UMKM serta tentunya relawan akan memposting/mempromosikan daya tarik wisata Desa Jatimulyo," katanya, Jumat (18/8/2023).

Ia pun menyampaikan, dalam Kegiatan Relawan Bakti BUMN Kulonprogo ini ada serangkaian program nyata yang akan diwujudkan seperti program peningkatan kualitas pendidikan. Terdiri atas sosialisasi bijak menggunakan gadget, optimalisasi gadget (basic fotografi untuk pariwisata), Basic English (Vocabulary in Tourism), peremajaan sarana sekolah, hingga bantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Selain itu juga terdapat Program Konservasi Flora Fauna berupa inventarisasi tanaman di kawasan Mudal dan Arboretrum. Selain itu penanaman bibit Pala, serta susur konservasi dan adopsi burung endemik. Hal ini menjadi cukup menarik mengingat isu lingkungan merupakan hal yang sangat menarik dalam kondisi perubahan iklim saat ini.

Hadir pula di acara ini Senior Manager Komunikasi & Umum, Ahmad Mustaqir yang mewakili General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY menyampaikan apresiasinya atas semangat dan dedikasi yang ditunjukkan insan-insan muda BUMN dalam berbakti untuk negeri. Menurutnya program ini merupakan sebuah perwujuduan persembahan BUMN di momen perayaan HUT Kemerdekaan RI yang ke-78.

BACA JUGA : Puan Maharani Sindir Utang BUMN, Begini Jawaban Erick Thohir

"Di sela-sela kesibukan dan karier masing-masing, rekan-rekan insan BUMN masih bersedia untuk turun ke lapangan berbakti melayani kepada masyarakat, hal ini patut diapresiasi. Diantara Relawan terdapat beberapa dengan background ekspertise untuk program terkait seperti telekomunikasi & informatika, perkebunan, flora fauna, energi hingga perbankan yang pastinya dapat memberikan sumbangsih yang positif bagi program ini dan masyarakat sekitar," katanya.

Ia menambahkan program ini tidak hanya akan bersifat seremonial namun memiliki roadmap pelaksanaan dan pengembangan yang akan dilaksanakan hingga 2024 dan 2025 nanti. Dengan fokus utama terbentuknya sebuah kawasan wisata yang terintegrasi di Desa Jatimulyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

YIA Satu-satunya Bandara Internasional di DIY-Jateng, Ini Jadwal Penerbangan Mancanegaranya

Kulonprogo
| Kamis, 02 Mei 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement