Advertisement

Jadi Mitra BPD DIY, SMKN 1 Wonosari Jadi Mitra BPD DIY, SMKN 1 Wonosari Terima Kejar Award 2023

Media Digital
Kamis, 24 Agustus 2023 - 06:17 WIB
Sunartono
Jadi Mitra BPD DIY, SMKN 1 Wonosari Jadi Mitra BPD DIY, SMKN 1 Wonosari Terima Kejar Award 2023 Direktur Pemasaran Bank BPD DIY, R. Agus Trimurjanto (kiri), Ketua OJK DIY, Parjiman, dan Kepala SMKN 1 Wonosari, Muhammad Rokhis (kanan) menunjukkan trofi dan piagam penghargaan Kejar Award 2023, Minggu (20/8). - Istimewa.

Advertisement

JOGJA—Salah satu mitra Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY, SMKN 1 Wonosari menerima penghargaan dalam ajang Kejar Award 2023 yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mereka memenangkan penghargaan kategori Satuan Pendidikan Umum Terbaik Implementasi Satu Rekening

Satu Pelajar (Kejar). Penyerahan penghargaan tersebut digelar di sela-sela acara dalam acara puncak Hari Indonesia Menabung di Bumi Perkemahan Cibubur, Minggu (20/8) dan diterima langsung oleh Direktur Pemasaran Bank BPD DIY, R. Agus Trimurjanto bersama Kepala SMKN 1 Wonosari, Muhammad Rokhis.

Advertisement

Direktur Pemasaran Bank BPD DIY, R. Agus Trimurjanto mengatakan salah satu program yang digelar Bank BPD DIY bersama SMKN 1 Wonosari adalah pembukaan agen bank atau cabang bank mini.

BACA JUGA : DIY Beli Alat Rp100 Miliar untuk Atasi Masalah Sampah

Bank mini itu, kata dia, melayani semua transaksi keuangan, baik produk dari Bank BPD DIY maupun bank lain.Program itu, digelar sebagai salah satu bentuk edukasi ihwal literasi finansial serta inklusivitas keuangan di sekolah. Agus mengatakan, agen bank di SMKN 1 Wonosari tersebut merupa n satu dari ratusan mitra Bank BPD DIY yang ada di sekolah, khususnya di daerah yang jauh dari kota yang masih memiliki tantangan akses pelayanan keuangan.

Khusus Di SMKN 1 Wonosari, kerja sama itu sudah dilakoni Bank BPD DIY selama dua tahun terakhir. Tidak hanya warga sekolah yang bersangkutan, masyarakat sekitar juga bisa mengakses layanan agen bank di dalam sekolah.

“Bentuknya seperti bank mini, mengenalkan seluruh jajaran siswa praktik perbankan secara lingkungan kecil, secara riil, bisa transfer, tarik tunai, bayar pulsa, dan sebagainya,” kata Agus, Selasa (22/8).

Agus menjelaskan, pemilihan SMKN 1 Wonosari sebagai mitra karena sekolah itu termasuk sekolah yang memiliki concern untuk menghasilkan lulusan yang siap terjun di dunia usaha. Pembukaan agen bank di sekolah-sekolah disambut antusias pelajar dengan membuka rekening dan transaksi keuangan lainnya.

Faktanya, kata Agus, banyak pelajar yang sudah memiliki rencana pembukaan usaha, sehingga mulai melihat layanan yang ada di bank. “Kami ingin mengenalkan BPD DIY pada anak-anak sejak dini, misal suatu saat mereka memiliki usaha, mereka sudah kenal dan punya rekening BPD DIY. Enggak hanya di DIY,” katanya.

Antusiasme itu juga terlihat dari terus bertambahnya jumlah rekening tabungan anak di Bank BPD DIY. Berdasarkan data Bank BPD DIY, sejauh ini, tabungan anak di Bank BPD DIY tercatat sudah mencapai 287.000 rekening dengan nilainya mencapai Rp526 miliar.

Jadi KebanggaanAdapun, soal penghargaan Kejar Award 2023, kendati itu bukan sebuah target, tetapi penghargaan tersebut menjadi kebanggaan untuk Bank BPD DIY, terutama bagi SMKN 1 Wonosari. “Terima kasih kepada OJK atas penghargaan yang diberikan, penghargaan ini kami persembahkan kepada seluruh pegawai dan seluruh nasabah serta mitra kerja Bank BPD DIY,” kata Agus.

Program Kejar merupakan imlementasi dari Keputusan Presiden No.26/2019 tentang Hari Indonesia Menabung yang bertujuan agar setiap pelajar di Indonesia memiliki rekening tabungan. Adapun, dalam Kejar Award 2023 terdapat beberapa kategori, masing-masing adalah Satuan

Pendidikan Implementasi Kejar Terbaik; Wilayah Implementasi Kejar Terbaik; Bank Pencapaian Terbaik dalam Rangka Hari Indonesia Menabung; Bank Digitalisasi Kejar Terbaik; dan Bank Teraktif dalam Pelaksanaan Goes to School (BGTS) Bank Implementasi Kejar Terbaik.

BACA JUGA : Keren! Begini Canggihnya Kantor Hybrid Bank BPD DIY di Gamping

Selain SMKN 1 Wonosari yang memeroleh penghargaan kategori Satuan Pendidikan Implementasi Kejar Terbaik, Bank BPD DIY juga masuk dalam nominasi kategori Bank BPD dengan Implementasi Kejar Terbaik, serta DIY yang masuk dalam nominasi kategori Wilayah Implementasi Kejar Terbaik.

“Program ini diharapkan bisa meningkatkan literasi keuangan dan menumbuhkan budaya menabung di lembaga jasa keuangan formal sejak dini,” ucap Agus.

Parjiman R. Agus TrimurjantoDirektur Pemasaran Bank BPD DIY, R. Agus Trimurjanto (kiri), Ketua OJK DIY, Parjiman, dan Kepala SMKN 1 Wonosari, Muhammad Rokhis (kanan) menunjukkan trofi dan piagam penghargaan Kejar Award 2023, Minggu (20/8).

Semangat Membangun Inklusi Keuangan

Menjelang 2024, Presiden Joko Widodo menargetkan 90% pelajar di Indonesia sudah memiliki rekening tabungan. Di DIY, ketiga lembaga yang mendapatkan penghargaan Kejar Award 2023 yaitu Bank BPD DIY, SMKN 1 Wonosari, dan BPR Kulonprogo aktif dalam mendukung program dan targetnya.

Kepala OJK DIY, Parjiman mengatakan Bank BPD DIY bersama SMKN 1 Wonosari mengimplementasikan Edu Smart Bank, dengan memperkenalkan kepada pelajar sejak dini operasional bank.

“Seluruh pelajar SMKN 1 Wonosari telah memiliki rekening. Selain itu Bank BPD DIY juga rutin melakukan literasi dan inklusi keuangan dalam bentuk Bank to School di lima wilayah kabupaten dan kota di DIY,” katanya, Rabu (23/8).

“Tentunya penghargaan ini menunjukkan bahwa lembaga-lembaga tersebut telah melakukan inklusi keuangan dengan sangat baik, terutama untuk Program Kejar guna mendukung target inklusi keuangan 90 persen pada 2024.” (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Abdi Dalem Kraton Yogyakarta Ikut Mendaftar sebagai Calon Walikota Jogja di Pilkada 2024

Jogja
| Jum'at, 17 Mei 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement