Advertisement

Peringati Anniversary ke-25, Jaecindo Terus Perluas Sayap Bisnis

Media Digital
Sabtu, 09 September 2023 - 18:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Peringati Anniversary ke-25, Jaecindo Terus Perluas Sayap Bisnis Perusahaan yang bergerak di bidang management building, event organizer, dan advertising, Jaecindo Indah merayakan ulang tahun yang ke-25 tahun pada Jumat (9/9/2023). - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Jaecindo Indah baru saja berulang tahun yang ke-25 tahun pada Jumat (8/9/2023). Di usia yang baru, perusahaan yang bergerak di bidang management building, event organizer, dan advertising tersebut akan memperluas bisnisnya ke area baru.

Direktur Jaecindo Indah, Jacky Latupeirissa menuturkan bahwa bisnisnya sudah dimulai sejak krisis moneter pada 1998. Setelah bertahan 25 tahun, sudah banyak jatuh bangun dan tantangan yang dihadapi, salah satunya pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia.

Advertisement

"Kemarin Corona hampir tiga tahun, berdampak juga ke usaha kami. Saat itu, pemasukan berkurang sampai 60 persen, karyawan berkurang, dan beberapa outlet tutup, tapi ternyata kami bisa bertahan sampai saat ini dan kondisi perekonomian sekarang mulai membaik," tutur Jacky kepada Harian Jogja, Sabtu (9/9/2023).

Bisnis yang bisa bertahan puluhan tahun tentu ada strateginya. Jacky menyebut ada dua resep yang dia gunakan untuk mempertahankan bisnis hingga saat ini.

Baca juga: Olahraga Pagi atau Malam Tidak Jadi Soal, Perhatikan Kesiapan Tubuh

"Resep yang pertama dalam bisnis ialah berharap, berpasrah, dan bersandar kepada Tuhan. Resep yang kedua tentu bekerja keras," ujarnya.

Selain itu, ia juga meyakini bahwa kemampuan bisnis yang baik diiringi dengan kepekaan membaca peluang. "Dalam usaha itu kan banyak hambatan yang terjadi, tapi kita harus melatih kepekaan kita untuk melihat kelemahan kita di mana. Dengan tantangan itu, kita perlu gerak cepat. Kalau terlalu lama bergerak, nanti pasarnya tidak mendukung," kata dia.

Jacky yang juga menekuni usaha pusat kulakan ponsel dan komputer ini berharap usahanya bisa terus berkembang ke area yang lebih luas.

"Kami saat ini sudah mencakup Jogja-Jawa Tengah. Dalam waktu dekat, kami rencana pengembangan ke kota-kota lain di Jawa Tengah seperti Purwokerto dan Purworejo untuk bidang handphone dan komputer, lalu untuk bidang advertising rencananya kami perluas ke Magelang dan Salatiga," kata tokoh masyarakat Maluku ini. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA, Berangkat dari Stasiun Tugu Jogja, Cek di Sini

Jogja
| Jum'at, 03 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement