Advertisement

Tokopedia Permudah Akses Bayar Pajak

Media Digital
Minggu, 08 Oktober 2023 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Tokopedia Permudah Akses Bayar Pajak Masyarakat memanfaatkan fitur Loket Pajak Tokopedia. - Istimewa

Advertisement

JOGJATokopedia kian menggencarkan inisiatif Loket Pajak Tokopedia yang bersinergi dengan pemerintah dan mitra strategis lainnya. Platform ini dimaksudkan untuk memudahkan akses masyarakat dalam membayar berbagai jenis pajak secara daring.

“Menyambut HUT ke-267 Kota Jogja, kami konsisten berkolaborasi dengan pemerintah untuk penyediaan akses digital pelayanan publik lewat fitur pembayaran pajak, seperti Pajak Daerah Lainnya [PDL], retribusi dan masih banyak lagi, dengan lebih dari 65 metode pembayaran,” kata Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, melalui rilis, Sabtu (7/10).

Advertisement

Dia menjelaskan saat ini kemudahan bayar online PDL dan retribusi di lewat Tokopedia sudah tersedia untuk Kota Jogja, Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulonprogo.

Adapun, cara membayar pajak online lewat Tokopedia sangat mudah. Pertama, ketik Loket Pajak Tokopedia di kolom pencarian aplikasi maupun situs Tokopedia, lalu pilih jenis pajak yang ingin dibayar; lalu pilih provinsi dan kota/kabupaten; kemudian masukkan Kode Bayar atau Nomor SSRD/STS, lalu klik Cek Tagihan.

Setelah itu, lanjut Rizky, akan muncul rincian tagihan. “Kemudian pilih metode pembayaran yang diinginkan. Ketika pembayaran sukses, sistem kami akan mengirimkan notifikasi berisi bukti bayar yang sah.”

Dalam rangka menyambut HUT ke-267 Kota Jogja, Tokopedia juga menyediakan kode promo LOKETTKPD bagi masyarakat. Dengan kode itu, masyarakat mendapatkan potongan hingga Rp25.000 saat membayar pajak online lewat Tokopedia.

Selain itu, lewat Loket Pajak Tokopedia, Tokopedia mencatat berbagai dampak positif terhadap tren bayar pajak online, salah satunya di Jogja. “Tercatat adanya kenaikan nilai transaksi pada pembayaran online retribusi, khususnya di Jogja, mencapai lebih dari 4 kali lipat selama kuartal III/2023 dibandingkan kuartal III/2022. Kami juga melihat adanya lonjakan nilai transaksi pada pembayaran PDL di Jogja hingga lebih dari 8 kali lipat,” kata Rizky. 

Begitu pula dengan berbagai fitur dan produk digital lainnya yang ada di Tokopedia, juga mengalami peningkatan nilai transaksi yang pesat, khususnya di Jogja selama kuartal III/2023. “Contohnya, nilai transaksi pada fitur pembayaran tagihan gas di Jogja yang meningkat hampir 1,5 kali lipat. Selain itu, nilai transaksi pada fitur pembayaran upgrade Internet dan TV yang dimanfaatkan oleh masyarakat di Jogja naik hampir 2,5 kali lipat selama kuartal III/2023,” ucap Rizky.

“Menariknya, nilai transaksi pada pembelian tiket event offline lewat Tokopedia, khususnya di Jogja, juga melonjak lebih dari 18 kali lipat. Hal ini didorong oleh munculnya banyak kegiatan offline yang sudah bisa dilakukan pascapandemi,” ucap Rizky. “Sementara, nilai transaksi pada fitur E-invoicing di Tokopedia, khususnya di Jogja, naik hingga lebih dari 47 kali lipat selama kuartal III/2023,” jelas Rizky.

Melindungi UMKM

Tokopedia juga menghadirkan inisiatif Hyperlocal Tokopedia agar pelaku usaha di seluruh wilayah di Indonesia punya kesempatan yang sama untuk menciptakan peluang bisnis lewat pemanfaatan teknologi.

Hyperlocal Tokopedia menerapkan teknologi geo-tagging yang mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada. “Hyperlocal Tokopedia punya berbagai manifestasi, seperti Kumpulan Toko Pilihan [KTP] dan Dilayani Tokopedia. Hyperlocal Tokopedia telah membawa dampak ekonomi yang positif, termasuk di Yogyakarta,” ucap Rizky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tabrak Pohon, Warga Bantul Meninggal Dunia di Jalan Paris-Panggang

Bantul
| Minggu, 19 Mei 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement