Advertisement

FinExpo 2023 Angkat Tema Akses Keuangan Merata, Masyarakat Sejahtera

Galih Eko Kurniawan
Kamis, 26 Oktober 2023 - 15:07 WIB
Galih Eko Kurniawan
FinExpo 2023 Angkat Tema Akses Keuangan Merata, Masyarakat Sejahtera (paling kiri) Ketua FinExpo 2023, Wani Sabu, (tengah) Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan & Komunikasi OJK, Aman Santosa dalam pembukaan FinExpo 2023 di Pakuwon Jogja Mall, Kamis (26/10/2023). (Harian Jogja - Anisatul Umah)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pameran Lembaga Jasa Keuangan atau Financial Expo (FinExpo) hadir kembali pada tahun ini dengan mengangkat tema Akses Keuangan Merata, Masyarakat Sejahtera yang dipusatkan di Pakuwon Mall, Sleman, 26-29 Oktober 2023.

Pembukaan kegiatan dilakukan pada Kamis (26/10/2023) yang antara lain dihadiri Kepala Departemen Literasi Inklusi Keuangan dan Komunikasi Otoritas Jasa Keuangan, Aman Santosa, dan Ketua FinExpo 2023, Wani Sabu.

Advertisement

Aman mengungkapkan agenda semacam FinExpo perlu rutin dilakukan sebagai sarana meningkatkan pengetahuan warga mengenai produk-produk jasa keuangan agar tidak terjebak pinjaman online ataupun investasi bodong.

“Tingkat literasi keuangan masyarakat masih perlu ditingkatkan karena sampai 2022 baru 49,28 persen padahal tingkat inklusinya 85 persen. Artinya, yang paham 49,28 persen tetapi yang pakai 85 persen,” tuturnya saat pembukaan di Pakuwon Mall, Kamis.

Dari data itu, OJK melihat lebih banyak masyarakat yang mengakses produk jasa keuangan namun belum terliterasi dengan baik. Situasi yang menjadi tantangan tersendiri karena Presiden Joko Widodo menargetkan inklusi keuangan mencapai 90% pada 2024.

Wani Sabu memaparkan pada agenda FinExpo kali ini, untuk pertama kalinya dihadirkan Syariah Financial Fair (Syafif) sebagai upaya mendorong pemahaman masyarakat serta perluasan akses terhadap produk atau layanan jasa keuangan syariah.

FinExpo 2023 diikuti 102 peserta yang terdiri dari berbagai industri jasa keuangan konvensional dan syariah, seperti perbankan, perasuransian, pasar modal, pembiayaan, pegadaian, tekfin sampai para pelaku usaha mikro kecil menengah.

“Acara ini juga dimeriahkan pula dengan berbagai macam kompetisi, seperti kompetisi Ranking Setunggal, FinSmart tingkat SMP/Mts, kompetisi peragaan busana Bangga Berkain serta lomba mewarnai,” ucapnya.

Dia berharap masyarakat yang hadir dalam FinExpo ini bisa melihat produk industri jasa keuangan sekaligus belajar mengenai keuangan. Masyarakat bisa memanfaatkan konsultan-konsultan yang siap membantu memilih produk jasa keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Operasi Gabungan di Depan Pasthy, Belasan Kendaaran Tanpa Kelengkapan Surat Terjaring Petugas

Jogja
| Senin, 13 Mei 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement