Advertisement

Disdagfest 2023, Gaungkan Spirit Pasar Rakyat

Media Digital
Minggu, 12 November 2023 - 22:17 WIB
Arief Junianto
Disdagfest 2023, Gaungkan Spirit Pasar Rakyat Suasana Disdagfest 2 2023 hari ketiga di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY), Minggu (12/11/2023). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja terus mentransformasi pasar rakyat agar menjadi lebih nyaman dikunjungi tanpa harus mengubah spirit di dalamnya. Salah satunya melalui gelaran bertajuk Disdagfest #2 2023.

Acara Disdagfest #2 2023 di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasty) ramai dikunjungi masyarakat. Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Jogja berlangsung selama tiga hari mulai 10-12 November 2023.

Advertisement

Kepala Bidang Bimbingan Usaha Promosi dan Kemitraan Perdagangan Disdag Kota Jogja, Benedik Cahyo Santosa mengatakan banyak kegiatan yang digelar dalam acara ini, menyasar semua kalangan usia.

Misalnya untuk acara hari ini, Minggu (12/11/2023) digelar senam massal, lomba mewarnai, hingga show ayam kate oleh Paguyuban Kate Jogja Mataram (PKJM). Lalu malamnya ditutup oleh penampilan grup band AM PLUS.

"Alhamdulillah ramai, kalau tujuan kami mengadakan Disdagfest tahun kedua ini bertema Pasar Ora Ilang Kumandange ternyata benar bahwa pasar rakyat enggak ilang kumandange," ucap dia, Minggu.

Di hari pertama gelaran Disdagfest 2023, kata Cahyo, jumlah pengunjung mencapai 2.000-an; dan di hari kedua sekitar 2.000-3.000-an.

Sementara untuk hari ketiga, dia optimistis jumlah pengunjung tetap mencapai 3.000-an orang.

Dia menjelaskan, tujuan lain dari digelarnya Disdagfest 2023 adalah agar Pasty semakin berkembang dan lebih dikenal masyarakat.

Pasar rakyat, menurut dia, punya tempat tersendiri di hati masyarakat. Dengan begitu, minat ke pasar rakyat tetap tinggi meski sudah banyak ritel modern. "Sejak dulu, pasar rakyat disebut tradisional karena kearifan lokal muncul di situ. Sehingga masyarakat memilih pasar rakyat atau pasar tradisional," jelasnya.

Belanja di pasar rakyat, kata dia, pembeli dan pedagang bisa berinteraksi secara langsung dan bisa dilakukan tawar menawar sebelum membeli. Dari sini kadang muncul keakraban. Tradisi yang tidak dimiliki pasar modern.

Mulanya pasar rakyat dipandang kotor, becek, hingga bau. Tetapi kini Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja terus berbenah sehingga kesan kurang baik tersebut kini sudah hilang.
Lebih lanjut dia menyampaikan melalui acara Disdagfest 2023 yang digelar di Pasty, diharapkan bisa mengembangkan ekonomi kreatif di kawasan Selatan. Dengan begitu, pusat aktivitas ekonomi Kota Jogja tidak lagi hanya berada di kawasan Utara. "Harapannya tahun depan bisa digelar lagi di akhir tahun."

Kepala Disdag Kota Jogja, Veronica Ambar Ismuwardani mengatakan Disdagfest 2023 merupakan event tahunan yang sudah memasuki tahun kedua. Melalui event ini, pedagang dari 29 pasar diajak untuk terlibat.

Pedagang pasar juga telah diberikan edukasi terkait dengan belanja online dan e-commerce. Meski mereka telah belajar, namun kenyataannya belanja offline masih dinikmati masyarakat.

"Jadi pasar sampai kapan pun tidak akan pernah ilang kumandange, tidak akan pernah mati. Keberadaannya terus dibutuhkan masyarakat dan akan terus ada.”

Ruang Berekspresi

Sementara itu, Pj. Wali Kota Jogja, Singgih Raharjo mengapresiasi terselenggaranya Disdagfest 2023. Acara itu, menurut dia, tidak hanya tempat untuk berburu kebutuhan pokok, tetapi juga menjadi ruang berekspresi.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini, selamat atas penyelenggaraan Digdagfest. Untuk stabilitas pasokan dan harga agar masyarakat tidak kesulitan dapatkan bahan pokok," ucapnya saat pembukaan Disdagfest 2023, Sabtu (10/11/2023).

Menurutnya, pasar yang dulu kesannya kotor dan bau sudah tidak berlaku lagi di Kota Jogja. Pasar menjadi tempat bertemu pedagang dan pembeli dengan lebih modern.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Bawang Masih Tinggi di Pasaran, Disperindag DIY Gencarkan Operasi Pasar

Jogja
| Jum'at, 17 Mei 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement