Advertisement

Wuih! Jelang Libur Akhir Tahun, Rental Motor dan Mobil di Jogja Panen Orderan

Lugas Subarkah
Selasa, 19 Desember 2023 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Wuih! Jelang Libur Akhir Tahun, Rental Motor dan Mobil di Jogja Panen Orderan Bisnis rental motor di sekitar Stasiun Lempuyangan Jogja. - Harian Jogja Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, YOGYAKARTA—Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), rental sepeda motor di sekitar Stasiun Lempuyangan kebanjiran order. Pada puncak libur Nataru, beberapa tempat rental motor mengaku 100% unit motornya sudah disewa.

Karyawan Rental Motor Bening Abadi, Roni, menjelaskan peningkatan jumlah penyewa motor mulai terasa pada pertengahan Desember ini. “Kalau hari biasa, yang keluar sekitar tiga atau empat motor. Sekarang sudah sekitar 20-an motor,” ujarnya, Selasa (19/12/2023).

Advertisement

Kemudian pada libur Nataru jumlah sewa unit motor bisa mencapai 100%. Beberapa penyewa untuk libur Nataru sudah mulai booking sejak beberapa pekan lalu. “Bisa meningkat sekitar 75 persen dibanding hari biasa,” katanya.

Persewaan motor yang berlokasi di selatan Stasiun Lempuyangan ini juga memiliki cabang di dekat kampus UMY dan UNY. Total unit motor yang diswakan sebanyak 30 motor. Di samping itu, mereka juga menyewakan mobil yang juga berjumlah 30 mobil. “Sudah banyak yang booking juga mobilnya,” ungkapnya.

Motor di sini disewakan per 24 jam dengan tarif Rp80.000 hingga Rp90.000. Tetapi pada libur Nataru, tarif ini dinaikkan hingga di kisaran Rp120.000. “Kalau buat lebaran sama tahun baru harganya naik, kalau yang Vario sama Genio Rp120.000,” paparnya.

BACA JUGA: Menyambut Datangnya Wisatawan pada Libur Nataru, Pemkot Jogja Bersihkan Maliboro

Hal serupa juga terjadi di rental sepeda motor lainnya, Jingga Rental. Karyawan Jingga Rental, Rian, menuturkan pada libur nataru, semua unit motor di tempat tersebut habis disewa. “Di sini kurang-lebih ada 100 unit, saat nataru pasti habis,” katanya.

Tingkat penyewaan motor 100% tersebut menurutnya mulai terjadi pada hari natal hingga setelah pergantian tahun. Adapun peningkatan jumlah penyewa mulai terjadi pada 21 Desember ke atas. “Mulai ramai sejak 21 Desember sampai 3 Januari [2024],” ungkapnya.

Sedangkan pada hari biasa, tingkat penyewaan motor di situ berada di kisaran 50% dan pada hari libur atau weekend bisa sampai 80%. “Kebanyakan wisatawan, kita memang rental untuk wisatawan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dua TPS 3R Belum Beroperasi, Sampah di Kota Jogja Diolah Swasta Pakai Sistem Tipping Fee

Jogja
| Kamis, 02 Mei 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement