Advertisement

BKPM Siapkan 12 Proyek Pendukung Pembangunan IKN Senilai Rp52,17 Triliun

Newswire
Kamis, 28 Desember 2023 - 22:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
BKPM Siapkan 12 Proyek Pendukung Pembangunan IKN Senilai Rp52,17 Triliun Maket Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kementerian PUPR, Jakarta. ANTARA - Aji Cakti

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) meluncurkan 12 proyek Peta Peluang Investasi (PPI) senilai Rp52,17 triliun, dengan 10 proyek di antaranya berlokasi di Kalimantan Timur sebagai upaya mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Kementerian Investasi/BKPM akan bekerja sama dengan daerah.

Sekretaris Kementerian/Sekretaris Utama Kementerian Investasi/BKPM Ikmal Lukman mengungkapkan tugas untuk mencapai target investasi 2024 sebesar Rp1.650 triliun sangat berat. Oleh karena itu, proyek-proyek yang termasuk dalam PPI ini akan menjadi pipeline yang diharapkan membantu pencapaian target tersebut.

Advertisement

"Ada 12 proyek PPI telah siap diluncurkan dalam rangka mendukung pembangunan IKN. Kementerian Investasi selalu siap mendukung kesuksesan IKN dan kami berharap apa yang dibuat hari ini dapat membantu Otorita IKN dalam mempromosikan IKN," kata Ikmal, di Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Baca Juga

Pembangunan IKN Tak Hanya Andalkan Duit Negara, Ini Penjelasan Badan Otorita IKN

Ribuan ASN Bakal Dipindah ke IKN, Ini Jadwalnya

Bahlil Sebut Investasi Asing dan Dalam Negeri Masuk IKN Capai Rp50 Triliun

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Nurul Ichwan mengatakan 12 proyek PPI ini telah diluncurkan melalui situs PIR (Potensi Investasi Regional) di laman www.regionalinvestment.bkpm.go.id, untuk ditawarkan kepada investor potensial.

Nurul juga mengungkapkan Kementerian Investasi/BKPM akan bekerja sama dengan daerah melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dalam memaksimalkan peluang investasi di daerah.

Selanjutnya, akan disiapkan juga Panduan Penyiapan Peluang Proyek Investasi sebagai pedoman bagi pemerintah daerah dalam menyiapkan peluang proyek investasi yang berkualitas.

"Kami ingin membangun master data peluang investasi yang berkualitas. Untuk mencapai target investasi Rp1.650 triliun di tahun depan, proyek-proyek ini menjadi salah satu jawaban yang kita tawarkan," kata Nurul.

Kementerian Investasi/BKPM menyusun 12 proyek PPI di berbagai lokasi dengan rincian, yaitu 10 proyek di Provinsi Kalimantan Timur (termasuk 1 proyek di wilayah IKN), 1 proyek di Provinsi Kalimantan Barat, dan 1 proyek di Jawa Timur. Proyek PPI yang diluncurkan di tahun 2023 meliputi empat sektor, yaitu sektor sumber daya alam yang terintegrasi dengan industri hilirnya, industri manufaktur, jasa dan kawasan, serta infrastruktur.

Ke 12 proyek PPI di tahun ini melengkapi 69 proyek yang telah disiapkan sebelumnya dan telah dipasarkan oleh Kementerian Investasi/BKPM sejak tahun 2020. Hingga saat ini, total 81 proyek telah siap ditawarkan dan berhasil mencapai nilai Rp239 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Lonjakan Kasus DBD, Dinas Kesehatan DIY Belum Adakan Rapid Test

Jogja
| Senin, 06 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement