Advertisement

BSI UMKM Center Yogyakarta Dorong Bisnis UMKM Naik Kelas

Anisatul Umah
Kamis, 18 Januari 2024 - 07:37 WIB
Abdul Hamied Razak
BSI UMKM Center Yogyakarta Dorong Bisnis UMKM Naik Kelas Ilustrasi UKM Jogja. Ist - Dok Istimewa BSI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) melalui BSI UMKM Center Yogyakarta berupaya mendorong kemajuan UMKM melalui pembinaan sehingga bisa bertransformasi dan naik kelas. Salah satu pelaku UMKM, Dani Ratrianasari mengaku merasakan langsung manfaat dari BSI UMKM Center.

Ia mulai mendirikan bisnisnya pada saat pandemi Covid-19 bernama Beanbag Sultan yang berfokus pada produksi kursi santai. Ia bercerita mulanya memutuskan bergabung dengan BSI sejak komunitas Tangan Di Atas, salah satu komunitas wirausaha terbesar di Indonesia, berkolaborasi dengan BSI UMKM Center Yogyakarta.

Advertisement

BACA JUGA: Luncurkan RDN Syariah, BSI Dorong Perkembangan Pasar Modal Syariah

"Awalnya kami membuat mini library di rumah untuk anak-anak menggunakan kursi santai. Lalu ternyata kursi santai itu diminati oleh beberapa pengunjung dan meminta untuk dibuatkan," ucapnya dalam keterangan resmi BSI, Rabu (17/01/2024).

Modal awal yang digunakan yakni Rp1,8 juta. Order pertama yang dia dapatkan sebanyak 30 kursi pada tahun 2020. Kursi buatannya banyak diminati karena bisa digunakan di segala usia dengan 13 model. Menurutnya permintaan terus meningkat dan banyak yang tertarik menjadi reseller.

Dalam perjalanannya dia mendapatkan dukungan dari BSI UMKM Center Yogyakarta, di mana pada 2022 ia ikut serta dalam berbagai kegiatan termasuk Talenta Wirausaha BSI dan Muslimpreneur Pitching Week. Sampai akhirnya bisa mendapatkan pembiayaan mikro sebesar Rp100 Juta.

"Selain mendapat pelatihan dan mendapat ilmu, kami bisa naik kelas dan mendapatkan pembiayaan dari acara Muslimpreneur Pitching Week. Di Talenta Wirausaha BSI dan Muslimpreneur Pitching Week kami merasa terdorong sampai membuat dan menampilkan presentasi sehingga kami terus termotivasi untuk berprestasi untuk lebih baik," paparnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan Beanbag Sultan telah berkembang pesat dan mampu meningkatkan produksinya hingga 150-200 kursi Beanbag per bulan. Pelanggannya kini berasal dari berbagai lapisan. Seperti hotel, restoran, dan perusahaan di seluruh Indonesia. Bahkan kini telah ekspor ke Australia sebanyak dua kali.

BACA JUGA: BSI dan Program Bakti Sosial BUMN Dukung Usaha Masyarakat Pedesaan di Jogja

"Kami melakukan pengiriman melalui perusahaan cargo besar, sehingga hal ini memungkinkan kami untuk melakukan pengiriman ke seluruh Indonesia," kata Dani.

Pasarnya telah tersebar di seluruh Indonesia melalui berbagai agen dan reseller, termasuk 10 reseller di Yogyakarta, 3 reseller di Banjarnegara, 3 reseller di Semarang, dan 1 reseller di Jakarta. Saat ini, Beanbag Sultan telah memiliki pencapaian yang stabil dalam omset bulanan yaitu berkisar antara Rp25 juta - Rp60 juta.

"BSI melalui BSI UMKM Center Yogyakarta aktif sekali memberikan pelatihan, business matching dan pitching pembiayaan seperti Muslimpreneur Pitching Week kepada UMKM seperti kami."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Sunaryanta Minta Orang Tua Awasi Anak dari Ancaman Media Sosial

Gunungkidul
| Sabtu, 04 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement