Advertisement

BI DIY Sebut Ekonomi DIY Salah Satunya Disumbang oleh Investasi Sektor Konstruksi

Anisatul Umah
Rabu, 24 Januari 2024 - 19:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
BI DIY Sebut Ekonomi DIY Salah Satunya Disumbang oleh Investasi Sektor Konstruksi Investasi daerah / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bank Indonesia (BI) DIY menyebut keberadaan Proyek Strategis Nasional (PSN) menjadi salah satu faktor pendorong ekonomi DIY 2023. Tercatat pada Triwulan III/2023 pertumbuhan ekonomi DIY 4,96% secara tahunan (year-on-year/yoy), sedikit lebih tinggi dari capaian nasional sebesar 4,94% yoy.

BI DIY memproyeksikan pertumbuhan ekonomi DIY 2023 sebesar 4,6-5,4% yoy dan inflasi diproyeksikan 2-4% yoy. Pertumbuhan ekonomi diproyeksikan meningkat pada 2024 menjadi 4,8-5,6% yoy dengan target inflasi 2,5-3,5% yoy.  

Advertisement

Berdasarkan data dari Laporan Perekonomian Daerah (LPP) DIY November 2023 Peningkatan kinerja investasi didorong oleh pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Jogja-Solo dan Tol Jogja-Bawen. Hingga akhir 2023, pembangunan Tol Jogja Bawen seksi 1 diperkirakan akan mencapai 70% dari total nilai investasi Rp 14,26 triliun.

Sedangkan pembangunan Tol Solo-Yogyakarta-YIA sampai dengan akhir tahun diperkirakan paket 1.1 mencapai 80%, paket 1.2 40%, dan paket 2,2 mencapai 25% dengan total nilai investasi Rp27,48 triliun. Pemerintah terus berupaya mempercepat penyelesaian konstruksi PSN di DIY yang dapat memberikan multiplier effect terhadap perekonomian.

"Pertumbuhan ekonomi DIY yang positif pada tahun 2023 ditopang oleh investasi pada sektor konstruksi yang berkontribusi sebesar 8,58 persen," kata Kepala Perwakilan BI DIY, Ibrahim, Rabu (24/01/2024).

Baca Juga

Ekonom Yakini Pertumbuhan Ekonomi DIY 2023 Kisaran 5,5 Persen

Ekonomi DIY Triwulan III Tumbuh 4,96%, Lebih Tinggi dari Nasional

Jadi Penyumbang Pertumbuhan Ekonomi DIY, Ini Tanggapan Pelaku Angkutan Pariwisata

Penyelesaian PSN diharapkan dapat mendorong sektor Utama tulang punggung DIY yaitu pariwisata, dengan semakin lancar dan mudahnya mobilitas dari dan ke kota-kota pariwisata sekitar DIY. Seperti Solo dan Surabaya.  

Pemerintah Pusat menargetkan seluruh PSN selesai pada 2024, sehingga PSN di DIY yang menjadi salah satu penopang ekonomi utama melalui sektor konstruksi berangsur mengalami normalisasi.

"Untuk dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi DIY, diharapkan pemerintah dapat menciptakan iklim investasi yang kondusif berupa kemudahan perijinan dan regulasi pertanahan," lanjutnya.

Local Expert Kementerian Keuangan dari UGM, Evi Noor Afifah menyampaikan secara angka pasti seberapa besar pengaruhnya tidak bisa menyebut, karena tidak melakukan studi untuk memunculkan koefisien pengaruh itu dan signifikansi statistiknya.

"Namun berbagai studi menyebutkan bahwa belanja yang akan memberikan multiplier besar ke perekonomian itu salah satunya adalah belanja infrastruktur. Dan kita bisa melihat dari data empiris juga menunjukkan demikian, misal saat ada pembangunan bandara YIA," jelasnya.

Jika dilihat dari historis data BPS menunjukkan salah satu kontributor pertumbuhan ekonomi adalah konstruksi. Artinya jika  jika ada proyek-proyek PSN infrastruktur maka kemungkinan sumbangan sektor tersebut terhadap perekonomian DIY juga akan besar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gondol Uang Warung di Jalan Srandakan, Warga Banjarnegara Digelandang Polisi

Bantul
| Jum'at, 10 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement