Advertisement

IKN Ditargetkan Meraup Investasi hingga Rp100 Triliun

Newswire
Minggu, 28 Januari 2024 - 22:07 WIB
Maya Herawati
IKN Ditargetkan Meraup Investasi hingga Rp100 Triliun Proyek IKN - ist - Kementerian PUPR

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Besaran investasi di IKN pada 2024 ditargetkan mencapai Rp100 triliun. Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menargetkan nilai tersebut termasuk dalam bentuk pembangunan fasilitas publik yang telah dilakukan hingga saat ini, di antaranya empat unit rumah sakit, enam unit hotel, dan empat unit pusat perbelanjaan.

Bambang menyampaikan saat ini investasi yang sudah masuk sejak 2023 mencapai Rp47,5 triliun, yaitu pihak swasta Rp35,9 triliun dan sisanya dari sektor publik mencapai Rp11,6 triliun. “Termasuk dengan groundbreaking yang telah dilakukan,” ujar Bambang Susantono, Sabtu (27/1/2024).

Advertisement

Otoritas Ibu Kota Negara (OIKN) saat ini di Jakarta menggelar Nusantara Fair 2024 yang digelar hingga Minggu (28/1/204). Kegiatan itu menjadi salah satu upaya memperkenalkan IKN lebih dekat kepada masyarakat sekaligus menarik investor baru untuk membantu meraih target. Pemilihan pusat perbelanjaan pun dikarenakan ramai sehingga bisa menarik perhatian.

Bambang meyakini akan banyak pemangku kepentingan mengetahui tentang betapa menguntungkan investasi di IKN. “Kami juga ingin sosialisasi berkaitan dengan pembangunan IKN,” kata Bambang.

BACA JUGA: Jelang Laga Timnas Indonesia vs Australia, Ini Harapan Jokowi dan Ma'ruf Amin

Dia pun berharap masyarakat luas bisa ikut berperan menyebarkan pesan tujuan dari pembangunan IKN yang salah satunya akan mendorong tumbuhnya ekonomi yang merata di seluruh wilayah tanah air. IKN akan tumbuh sebagai kota yang berkelas dunia dan menjadi pertumbuhan baru khususnya di kawasan tengah dan timur Indonesia.

“Sehingga, esensi dari pembangunan IKN yang menjadi transformasi pembangunan Indonesia sentris di masa depan dapat dipahami oleh khalayak. Transformasi pembangunan Indonesia ke depan yang dapat diwujudkan melalui pembangunan IKN,” kata Bambang.

Antusiasme sektor perbankan juga terlihat pada pembangunan IKN. Salah satunya, PT Bank Mandiri yang dikatakan Bambang dalam waktu dekat juga akan memulai pembangunan konstruksi fisik kantor di wilayah inti di IKN. “Saya bocorkan Bank Mandiri akan melakukan groundbreaking,” kata Bambang.

Menanggapi hal itu, saat yang sama, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar mengatakan bahwa langkah yang diambil pihaknya sebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan IKN. Pihaknya pun saat ini telah menerbitkan e-money bergambar IKN. Pada akhirnya, katanya, masyarakat dapat mencari informasi yang berkaitan dengan IKN melalui berbagai kanal komunikasi maupun informasi di ruang digital maupun luring.

“Kami membuat e-money versi IKN pun dengan maksud dapat ikut mengenalkan IKN kepada khalayak luas,” kata Alexandra.

Di sisi lain Otorita OIKN juga mengungkapkan pemindahan aparat sipil negara (ASN) dari Jakarta ke Nusantara, Kalimantan Timur menjadi peluang bisnis bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan masyarakat lokal.

"Dalam konteks industri rumah tangga, ketika terjadi pemindahan ASN dari Jakarta ke IKN, kita harapannya adalah masyarakat dan UMKM lokal di IKN mengambil peran dalam menyediakan kebutuhan-kebutuhan bagi para ASN dan masyarakat yang datang ke IKN," ujar Tenaga Ahli Bidang Ekonomi Kreatif Kedeputian Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN I Gede Benny Subawa di Jakarta, Sabtu (27/1/2024).

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Bantul
| Senin, 06 Mei 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement