Advertisement

Ekonom Sebut Pemilu Tidak Berdampak Langsung pada Investasi di DIY, Ini Sebabnya

Anisatul Umah
Kamis, 15 Februari 2024 - 20:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Ekonom Sebut Pemilu Tidak Berdampak Langsung pada Investasi di DIY, Ini Sebabnya Pertumbuhan ekonomi - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Ekonom Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Y. Sri Susilo mengatakan pemilihan umum (Pemilu) 2024 tidak berdampak langsung pada investasi di DIY. Sebab investasi di DIY lebih banyak yang bersifat menengah ke bawah.

"Investasi dan kondisi ekonomi DIY tidak terdampak langsung oleh hasil Pemilu. Kalau bicara investasi menengah ke bawah mereka tidak bergantung langsung pada kebijakan pemerintah," ucapnya, Kamis (15/02/2024).

Advertisement

Dia menjelaskan investasi yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah, seperti hak guna usaha, perizinan, kebijakan pajak, dan lainnya yang kemungkinan akan menunggu. Namun investasi yang sifatnya mikro dan kecil, menengah bisa tetap jalan.

Menurutnya di DIY investasi yang sifatnya multinasional hanya ada satu dua saja di kawasan berikat. Investasi untuk produk bahan baku impor, yang kemudian keseluruhan hasilnya untuk ekspor seperti tekstil, produk tekstil di Bantul dan Sleman.

"Produk tekstil ini saya kira jalan terus karena tergantung pada permintaan ekspor. Multinasional kami ada kendala luas lahan, di DIY terbatas, kasusnya pada beberapa tahun lalu relokasi dari Jabodetabek ke Jawa Tengah larinya," ucapnya.

Baca Juga

Prabowo-Gibran Unggul di Quick Count Pilpres 2024, Begini Prediksi untuk IHSG

Airlangga Sebut Pemilu 2024 Perkuat Konsumsi Masyarakat

Pemilu Dongkrak Industri Kertas hingga Tumbuh 4,52%

Lebih lanjut dia mengatakan hasil pemilu berdasarkan quick count sejauh ini juga ditanggapi pasangan calon (Paslon) lain dengan smooth. Sejauh ini tidak ada gangguan yang berarti dan berdampak pada aktivitas perekonomian.

"Artinya tidak berdampak negatif hasil Pilpres Pemilu ini pada perekonomian DIY, jadi artinya perekonomian masih akan digerakkan ke depan pada Triwulan pertama dan mungkin triwulan II bahkan sampai 2024," jelasnya.

Properti dan Otomotif Bergeliat

Di sisi lain pasar properti dan otomotif menurutnya akan lebih bergeliat lagi. Jika kondisi tetap baik diperkirakan penjualan akan meningkat. Ia optimis kondisi akan stabil, melihat respons peserta Pemilu yang masih positif. "Otomotif roda dua akan lebih cepat pergerakannya dibandingkan roda empat, akan ada pertumbuhan."

Geliat pasar juga akan terjadi pada sektor properti. Sri memperkirakan kondisi di 2024 akan lebih baik dari 2023 lalu.

"Secara umum akan lebih baik dari 2023, ada kecenderungan untuk perbaikan. Properti saya kira juga dengan kondisi membaik, nanti bank akan support berikan kredit pasar properti, sebab properti butuh dukungan perbankan," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Bantul
| Senin, 06 Mei 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement