Advertisement

Prabowo-Gibran Unggul Hasil Hitung Cepat, Begini Sikap Bank Indonesia

Maria Elena
Rabu, 21 Februari 2024 - 23:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Prabowo-Gibran Unggul Hasil Hitung Cepat, Begini Sikap Bank Indonesia Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Kamis (9/4/2020). - JIBI/Dok. Bank Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Pasangan calon (paslon) nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di hasil hitung cepat. Terkait hasil tersebut, Bank Indonesia memilih untuk tetap menjaga independensi.

Menurut Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, BI akan tetap independen terutama dalam menjalankan mandat sesuai perundang-undangan, yaitu menjaga stabilitas rupiah dan sistem pembayaran dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. “Kita bersyukur proses Pemilu berjalan lancar. BI akan tetap independen, BI adalah independen dari pemerintah. Mandat kami jelas sesuai UU menjaga stabilitas, stabilitas rupiah, stabilitas sistem keuangan melalui kebijakan moneter dan sistem pembayaran untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan,” katanya, Rabu (21/2/2024).

Advertisement

Meski independen, Perry mengatakan bahwa BI akan tetap melakukan koordinasi dengan pemerintah. Hal ini juga yang dilakukan BI saat ini, berkoordinasi dengan Menteri Keuangan di bawah Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), juga dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. “Meskipun kami independen, kami akan terus bersinergi dengan pemerintah. Komitmen kami akan terus bersinergi dengan pemerintah,” tuturnya.

Baca Juga

Prabowo-Gibran Unggul di DIY, Relawan Bergerak 1912 Ucapkan Terima Kasih ke Warga

Real Count KPU Tingkat Nasional, Prabowo-Gibran Unggul Dapat 29,6 Juta Suara

Prabowo-Gibran Unggul di Sejumlah Lembaga Hitung Cepat, Begini Respons Sultan HB X

Perry mengatakan ekonomi Indonesia berhasil tumbuh lebih baik dari perkiraan, yang salah satunya didukung oleh pelaksanaan Pemilu.

Tercatat, pertumbuhan ekonomi kuartal IV/2023 mencapai 5,04% secara tahunan. Dengan perkembangan ini, pertumbuhan ekonomi pada keseluruhan tahun 2023 mencapai 5,05%. “Pertumbuhan terutama didukung oleh kenaikan ekspor, peningkatan investasi bangunan, dan dampak positif pelaksanaan Pemilu,” kata Perry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Info Stok dan Jadwal Donor Darah di DIY Hari Ini 4 Mei 2024

Jogja
| Sabtu, 04 Mei 2024, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement